Jangan Termakan Mitos Transmisi Mobil Matik, Rajin Kontrol Agar Tetap Awet

Nurdin R Radin/NET iNeswSerpong
Jangan percaya Mitos. Penyebab masalah transmisi pada mobil matik sangat beragam. (Foto : Ist)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Penyebab masalah transmisi pada mobil matik sangat beragam. Mulai dari penyebab teknis hingga pemahaman masyarakat soal transmisi yang masih minim.

Celakanya, tidak sedikit mitos seputar transmisi mobil matik yang menyesatkan masyarakat.

"Transmisi itu memang ribet dan pemahaman masyarakat yang kurang,  banyak mitos yang menyesatkan," ungkap Thayne Lika, pendiri bengkel Domo Transmisi.

Mitos yang selalu muncul di tengah masyarakat bahwa oli transmisi bersifat long life and lifetime (umurnya panjang dan seumur hidup). Pemahaman itu jelas keliru. "Itu sudah pasti keliru," tegasnya.

Selanjutnya, memahami cara kerja transmisi sangat penting. Seridaknya paham fungsi dari setiap posisi gigi pada tuas transmisi. Transmisi matic yang populer di Indonesia ialah otomatis 4 kecepatan. Meliputi P, R, N, D, 3, 2, dan L.

P : Memarkir kendaraan atau menghidupkan mesin

R : Mundur

N : Netral

D : Pengendaraan normal

3 : Posisi pengereman mesin

2 : Posisi dari pengereman mesin yang berlebih

L : Posisi pengereman mesin yang maksimum

Kapan Harus Ganti Oli Matik?

Jadwal penggantian oli matic relatif lebih lama. Sejumlah pabrikan seperti Toyota atau Daihatsu menyarankan konsumennya untuk mengganti oli matik setiap 80.000 km.

Fungsi oli matic sangat krusial apalagi pada transmisi otomatis model torque converter. Bisa dibilang oli ini menjadi nyawa dari transmisi tersebut. Sebabnya kerja transmisi sangat tergantung pada tekanan hidrolis yang berada di dalamnya.


Jadwal penggantian oli matik relatif lebih lama. (Foto : Ist)
 
 
Fungsi lain dari oli matik adalah melumasi bagian dalam transmisi agar komponen-komponennya dapat berfungsi dengan baik dan lancar.
 

Oli matik tidak boleh sembarangan, pemilik mobil harus mengetahui rekomendasi oli matik  yang benar-benar sesuai dengan spesifikasinya. Oli matik untuk transmisi otomatis torque converter dan CVT jelas akan berbeda. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network