Kelengkapan surat sangat penting. Pastikan Vespa klasik yang dijual memiliki Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), serta pastikan kedua surat tersebut cocok
3. Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka
Setelah BPKB dan STNK sesuai, langka selanjutnya adalah mencocokan dengan nomor mesin dan nomor rangka Vespa klasik yang dijual. Pasalnya, ada banyak pengguna Vespa klasik yang menukar mesinnya karena alasan mesin lama rusak. Ini penting untuk mengurus surat-surat ke depannya.
4. Jangan Lupa Cek Stang
Memeriksa bagian kemudi juga sangat penting untuk kenyamanan selama berkendara. Cara mengecek bagian ini, Anda bisa mengendarai Vespa klasik tersebut atau dengan menggoyangkan ban depan ke arah depan dan belakang.
Apabila kokoh, maka dipastikan sistem kemudinya aman.
5. Periksa Bodi (keropos atau tidak)
Vespa merupakan sebuah sepeda motor yang sepenuhnya menggunakan besi, sehingga rawan keropos yang disebabkan oleh karat. Cek setiap lekukan bodi yang biasanya rawan keropos, dan periksa bagian bawah apakah ada tambalan atau tidak.
“Perhatikan bodi yang keropos, di dek itu yang rawan. Kalau bisa cari perintilannya yang masih bawaan jadi kalau mau balik ke original itu lumayan harganya,” kata Budi Karsetio Wibowo, dari bengkel Vespa klasik Scooterbooster saat dihubungi Sindonews.
Editor : Syahrir Rasyid
Artikel Terkait