6. Cek Mesin Secara Detail
Untuk memeriksa mesin ada beberapa bagian, yakni kruk as, karburator, pengapian, dan kopling. Ini merupakan bagian yang paling sering bermasalah pada Vespa klasik dan memastikan kesehatannya.
“Untuk mesin sih tidak ada yang perlu dicek lebih dalam. Paling ada beberapa model seperti PTS itu rawan di karburator dan kopling. Punya dia itu berbeda dengan Vespa lainnya, jadi tidak bisa pakai model yang lainnya,” ujar Budi.
Cara mengecek kruk as adalah dengan menekan kopling dan menggoyangkannya untuk memastikan tidak goyang ke samping atau atas -bawah. Apabila goyang ke atas, bawah, atau samping, maka itu akan berisiko ke depannya.
Sedangkan untuk mengecek karbu, minta izin kepada penjual untuk membuka karburator Vespa tersebut. Pastikan karbu orisinal dengan merek Dellorto, meski produk aftermarket juga memiliki kualitas yang bagus saat ini.
Untuk pengapian juga perlu dicek, karena Vespa klasik tahun 1970-an ke bawah itu masih menggunakan platina. Sedangkan tahun 1970-an ke atas sudah menggunakan CDI, yang harus dipastikan menggunakan merek T.I.I.C, yang merupakan produk original.
Sementara untuk yang masih menggunakan pengapian platina, bisa diperiksa pada bagian kipas yang bolong. Platina yang masih bagus adalah bentuknya mulus dan tak ada luka ketokan obeng karena itu jadi pertanda bahwa platina tersebut sering geser.
Kopling juga perlu untuk diperiksa, dan pastikan tidak ada oli yang rembes. Untuk mengeceknya, sebaiknya dilakukan dengan mengendarai Vespa. Pastikan tidak saat mengoper gigi tidak loncat, misal dari gigi 2 langsung pindah ke gigi 4. (*)
Cek mesin dan nomor rangka sebab seringkali mesin Vespa diganti. (Foto : Ist)
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 21 Juli 2023 - 11:05 WIB oleh Muhamad Fadli Ramadan dengan judul "6 Tips Membeli Vespa Klasik Agar Tidak Tertipu".
Editor : Syahrir Rasyid
Artikel Terkait