Benarkah Pengguna Mobil Listrik Bakal Kesulitan Cari Bengkel Non Resmi?

Wahyu Sibarani
Bengkel umum mobil listrik saat ini jumlahnya sangat kecil dibandingkan populasi mobil listrik. (Foto : Autopto)

Untuk memadamkan apinya saja akan sangat sulit jika tidak memiliki peralatan dan keterampilan yang cukup.

Pemilik bengkel mobil umum saat ini menghadapi teka-teki tentang potensi penyediaan layanan pemeliharaan dan pemecahan masalah kendaraan listrik, terutama di kota-kota kecil.

Selain itu, dari segi populasi, pemilik bengkel umum juuga masih melihat investasi di bengkel umum mobil listrik bukan bisnis yang menguntungkan.

"Banyak Negara memiliki tingkat adopsi kendaraan listrik yang rendah dan infrastruktur pengisian daya yang buruk," sebut Autopro.

Selain jumlah bengkel yang sedikit, masa depan kendaraan listrik juga menghadapi masalah lain. Menurut Reuters, dunia sangat kekurangan tenaga listrik otomotif.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS memperkirakan bahwa Amerika Serikat akan membutuhkan 80.000 teknisi listrik pada tahun 2031, termasuk teknisi kendaraan listrik.

Kamar Dagang Otomotif Victoria di Australia perkirakan membutuhkan 9.000 teknisi kendaraan listrik pada 2030. Kurangnya bengkel umum yang terjangkau dan tenaga kerja terampil justru jadi mimpi buruk buat pemilik mobil listrik.

Apabila mobil listrik kesayangan mereka mengalami masalah dan masa garansi usai maka mereka akan menghadapi biaya perawatan yang cukup menguras kantong. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Pengguna Mobil Listrik Bakal Kesulitan Cari Bengkel Non Resmi, Ini Penyebabnya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/pengguna-mobil-listrik-bakal-kesulitan-cari-bengkel-non-resmi-ini-penyebabnya/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network