Sengaja Berlayar ke Indonesia, Ratusan Etnis Rohingya Terdampar di Deliserdang

Yudha Bahar
Etnis Rohingya Terdampar di Deliserdang Sengaja Berlayar dari Bangladesh ke Indonesia (Foto: iNews/Yudha Bahar)

DELISERDANG, iNewsSerpong.idPengungsi etnis Rohingya datang lagi, kali ini di Deliserdang, Sumatera Utara.

Polres Pelabuhan Belawan terus menyelidiki keberadaan etnis Rohingya yang dalam beberapa hari ini mendarat di Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut). Hasilnya para etnis Rohingya ini memang sengaja berlayar dari Bangladesh ke Indonesia. 

Sebelumnya, ratusan warga etnis Rohingya terdampar di Pantai Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deliserdang

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Janton Silaban, menyatakan bahwa petugas gabungan masih kesulitan berkomunikasi dengan warga etnis Rohingya karena tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia. 

Keterangan etnis Rohingya yang bisa bahasa Melayu karena pernah bekerja di Malaysia pun tidak membawa hasil maksimal. "Kalau yang saya tanya kemarin itu. Tujuannya mereka itu memang ke Indonesia. Cuma daerah mana-mananya tidak diketahui," ucap Janton Silaban, Selasa (2/1/2024).

Terkait dugaan adanya unsur kesengajaan kapal tersebut sengaja di rusak agar etnis Rohingya tidak dikembalikan ke tengah laut masih dalam penyelidikan. Sejauh ini isu tersebut berkembang di tengah masyarakat. 

"Kami akan selidiki isu yang menyebar di masyarakat apakah kapal itu kandas atau tidak. Ada juga praduga kapal itu sengaja dirusak. Kami akan selidiki semuanya termasuk dugaan TTPO di situ," ujarnya.

"(Nakhoda kabur) ini informasi dari masrakayat. Kami kesulitan lantaran warga etnis ini tidak bisa bahasa Indonesia," katanya lagi. 

Pihak kepolisian, bersama pemerintah dan instansi terkait, telah memberikan bantuan sementara kepada para pengungsi, termasuk pemasangan tenda, penyediaan makanan, pakaian, dan obat-obatan. Upaya bantuan ini diharapkan dapat membantu mengatasi kondisi sulit yang dihadapi oleh warga etnis Rohingya yang terdampar di Deliserdang.


Artikel ini telah tayang di sumut.inews.id dengan judul " Etnis Rohingya Terdampar di Deliserdang Sengaja Berlayar dari Bangladesh ke Indonesia ", Klik untuk baca: https://sumut.inews.id/berita/etnis-rohingya-terdampar-di-deliserdang-sengaja-berlayar-dari-bangladesh-ke-indonesia/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network