HIKMAH JUMAT : Antara Aku, Puasa, Takwa, dan Bahagia

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Tradisi buka puasa di Arab Saudi. Ibadah puasa mengajarkan adanya kejujuran dan keikhlasan dalam pelaksanaannya. (Foto: Ist)

Memang berat jalan yang Allah pilih agar menjadi orang yang bertakwa. Puasa misalnya, harus dijalankan selama sebulan penuh. Ditambah lagi dengan rangkaian ibadah-ibadah yang menyertainya, semuanya akan terasa berat.

Oleh  karena itu, yang diseru oleh Allah untuk menempuh jalan ini, yakni berpuasa di bulan suci Ramadhan, hanyalah orang-orang yang beriman. Dengan keimanan yang dimilikinya, seberat apa pun jalan yang harus ditempuh akan terasa ringan dan menyenangkan. 

Menjadi orang yang bertakwa adalah dambaan orang yang beriman. Karena di balik ketakwaan itu sejatinya Allah telah menyediakan berbagai kebahagiaan yang dicari seluruh umat manusia. Dan, kebahagiaan yang diraih orang yang bertakwa sudah pasti kebahagiaan yang hakiki.

Bentuk-bentuk Kebahagiaan bagi Orang Bertakwa

Diberikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapinya

Dalam surat At-Thalaq [65] ayat 2, Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah memberikan jalan keluar / solusi (dari setiap permasalahan yang sedang ia hadapi)”.

Diberikan rezeki dari arah yang tak disangka-sangkanya

Pada ayat ketiga surat At-Thalaq, Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan (Allah akan) mengaruniakan rezeki kepadanya (orang yang bertakwa) dari arah yang tidak ia sangka-sangka.”

Diberikan kemudahan dalam setiap urusannya

Masih di surat At-Thalaq ayat yang keempat Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memudahkan segala urusannya.”

Dijadikan orang termulia

Firman Allah SWT yang artinya: “Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa.” (QS. Al-Hujurat [49]: 13).

Diperbaiki amalnya dan diampuni dosanya

Dalam surat Al-Ahzab [33] ayat 70-71, Allah SWT berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah dan berbicaralah dengan perkataan yang baik, niscaya Allah akan memperbaiki amal kalian serta mengampuni dosa-dosa kalian.”

Mendapatkan balasan berupa surga ‘Adn

Allah SWT berfirman yang artinya: “Surga-surga ‘Adn yang mereka masuki, mengalir di bawahnya sungai-sungai. Bagi mereka di dalam surga segala apa yang mereka inginkan. Demikianlah Allah memberikan balasan bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. An-Nahl [16]: 31). (*)


Kebahagiaan yang diraih orang yang bertakwa sudah pasti kebahagiaan yang hakiki. (Foto: Ist)

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network