Begini Caranya Menjaga Kesehatan Mental

Devi Patricia
Menjaga kesehatan mental sama pentingnya menjaga kesehatan fisik. Ada beberapa cara yang dapat membantu menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan cerdik. Foto/Verywell Mind

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Ada beberapa cara yang dapat membantu menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan cerdik.

Dokter spesialis kesehatan jiwa Dr. dr. Fidiansjah, Sp.KJ, MPH membagikan tips menjaga kesehatan mental agar bisa berjuang di tengah kehidupan modern. Hal ini mengingat banyak orang yang mudah untuk mengalami masalah kesehatan mental hingga berujung pada bunuh diri.

Dr. Fidiansjah mengatakan menjaga kesehatan mental sehari-hari bisa dilakukan dengan teknik cerdik. Menurutnya, tubuh yang sehat akan menciptakan mental yang sehat. Sehingga penting untuk melakukan upaya pencegahan dengan melakukan cek kesehatan secara berkala.

"Cerdik itu suatu kepanjangan yang menjadi unsur utama bahwa kita semua harus C yaitu cek kesehatan berkala. Jangan menunggu sakit ketika kami mengalami suatu kondisi, karena preventif lebih penting ya,” kata Dr. Fidiansjah dalam webinar Mental Health Road to Milad ESQ ke-24, Sabtu (11/5/2024).

Cek kesehatan bisa dilakukan dengan mudah di fasilitas kesehatan terdekat dari rumah. Selain itu, untuk kesehatan mental tetap terjaga, maka unsur E-nya adalah enyahkan zat-zat berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan mental.

Setelah itu, Dr. Fidiansjah juga menegaskan pentingnya untuk melengkapinya dengan unsur R yaitu rutin berolahraga. Ketika berolahraga maka tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang berguna memberikan energi positif pada tubuh.

“Enyahkan zat-zat berbahaya seperti rokok, alkohol, dan sebagainya. Lalu R itu rajin berolahraga,” jelasnya.

Dr. Fidiansjah mengimbau untuk melakukan unsur D yaitu diet seimbang. Alih-alih memaksa tubuh untuk melakukan diet berlebih untuk kurus, melainkan diet seimbang untuk menjaga pola makan agar lebih sehat.



Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network