Pemandangan Masih Alami dan Sejuk, 3 Desa di Purwakarta Layak Dikunjungi

Vien Dimyati
Desa di Purwakarta Harus Dikunjungi saat Libur Panjang, Pemandangannya Masih Alami dan Sejuk (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Keindahan alam yang ada di Purwakarta Jawa Barat sangat menarik untuk dijelajahi. Purwakarta merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, dikenal dengan sejumlah tempat wisata menarik, menawarkan keindahan alam, budaya, serta sejarah.

Selain Bandung dan Bogor, Purwakarta bisa jadi alternatif untuk dikunjungi saat libur panjang. Kota ini berada sejauh 80 kilometer di sisi tenggara Jakarta, menawarkan suasana yang lebih tenang dan nyaman, sehingga wisatawan dari ibu kota suka menghampiri untuk liburan.

Ya, ada beberapa destinasi wisata populer di Purwakarta. Mulai dari situ, taman air mancur, pegunungan, hingga curug yang eksotis, membuat siapa saja betah untuk berlama-lama.

Namun, di balik keindahan destinasi tersebut, ada beberapa desa menakjubkan yang harus dikunjungi. Lokasinya ada yang tersembunyi hingga memiliki suasana layaknya di luar negeri. Penasaran, di mana saja desa menakjubkan tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (15/6/2024).

1. Kampung Pasir Eurih

Kampung Pasir Eurih merupakan salah satu desa yang menarik untuk dikunjungi di Purwakarta, Jawa Barat. Desa ini terkenal dengan keunikan arsitektur dan keindahan alamnya yang memikat dan masih mempertahankan keunikan arsitektur rumah tradisional Sunda. Rumah-rumahnya dibangun dengan menggunakan material alami seperti kayu dan bambu, dengan atap yang terbuat dari ijuk atau seng. 

Desa ini dikelilingi oleh sawah dan perbukitan hijau yang menambah keindahan alamnya. Anda dapat menikmati udara segar dan pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan menuju desa. Berada di desa ini Anda dapat melakukan berbagai kegiatan wisata seperti berjalan-jalan santai di sekitar desa, mengunjungi ladang jagung atau padi, dan berinteraksi dengan penduduk setempat untuk belajar lebih dalam tentang kehidupan dan budaya mereka. Desa ini berada di Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

2. Kampung Ciburuy

Desa ini terletak di lereng Gunung Parang, dikelilingi oleh hamparan sawah dan alam pegunungan yang hijau. Kampung Ciburuy menjadi destinasi populer untuk mendaki dan menikmati panorama alam yang menakjubkan. Desa ini menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam serta kehidupan masyarakat perdesaan. 

Lokasinya terletak di lereng Gunung Parang dan terkenal dengan pemandangan tebing-tebing curam dan alam pegunungan hijau. Pengunjung dapat menikmati trekking atau hiking untuk mengeksplorasi keindahan alam sekitar. Desa Ciburuy, berada di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

3. Kampung Sindangkasih

Kampung Sindangkasih adalah salah satu desa yang menarik untuk dikunjungi di Purwakarta. Lokasinya di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Desa ini dikenal dengan keindahan alamnya serta keberagaman aktivitas budaya dan masyarakatnya yang ramah. Desanya dikelilingi  hamparan kebun buah-buahan dan sawah yang hijau. Pemandangan alam yang asri dan udara segar menjadikan Kampung Sindangkasih sebagai tempat yang cocok untuk melepaskan penat dan menikmati suasana perdesaan yang tenang.

Di sini juga terdapat kebun buah. Ya, masyarakat Kampung Sindangkasih terkenal dengan keahlian mereka dalam bertani buah-buahan seperti mangga, rambutan, dan durian. Pengunjung dapat membeli langsung buah segar dari kebun atau bahkan berpartisipasi dalam aktivitas panen jika berkunjung pada musimnya.

Itulah seputar desa menakjubkan yang menawarkan pengalaman unik memadukan keindahan alam dengan kearifan budaya lokal. Pengunjung dapat menikmati suasana perdesaan yang tenang sambil belajar lebih dalam mengenai kehidupan masyarakat tradisional di Jawa Barat.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network