Bisa Lihat Gua Lava Purba, 6 Desa di Purbalingga Sayang Dilewatkan

Vien Dimyati
6 Desa di Purbalingga Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Bisa Lihat Gua Lava Purba (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pesona keindahan alam yang ada di Purbalingga sangat menarik untuk dijelajahi. Pegunungan, curug, gua, hingga puncaknya memiliki daya tarik berbeda.

Purbalingga memiliki wisata Curug Sumba yang dikenal memiliki air jernih dan sejuk. Kemudian, Anda juga bisa snorkeling di Situ Tirta Marta yang memiliki air super jernih. Dasar Situ juga terlihat dengan jelas.

Jika ingin menikmati pemandangan alam dari ketinggian Anda bisa singgah ke Puncak Sendaren. Namun, di balik keindahan alam yang ada di Purbalingga, Anda juga harus berkunjung ke berbagai desa kecil menakjubkan.

Penasaran, di mana saja desa kecil menakjubkan di Purbalingga yang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (9/7/2024).

1. Desa Serang

Desa ini terkenal dengan kebun stroberinya yang luas, di mana pengunjung bisa memetik stroberi langsung dari pohonnya. Selain itu, pemandangan pegunungan dan udara sejuk membuat desa ini menjadi tempat yang sempurna untuk relaksasi. Berada di sini, Anda bisa singgah ke kebun stroberi. Kemudian bisa singgah ke Bukit Mertelu. Tempat ini menjadi spot terbaik menikmati pemandangan alam dan sunset. Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

2. Desa Limbasari

Desa Limbasari memiliki daya tarik utama berupa keindahan sungai dan air terjun alami. Wisata tubing dan trekking di sepanjang aliran sungai menjadi kegiatan favorit para pengunjung. Desa Limbasari berlokasi di Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

3. Desa Tanalum

Desa ini dikenal dengan Curug (air terjun) yang cantik seperti Curug Nagasari dan Curug Nini. Selain air terjun, desa ini juga menawarkan suasana perdesaan yang asri dengan hutan pinus dan area perkemahan. Desa Tanalum berlokasi di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

4. Desa Wisata Siwarak

Desa Siwarak terkenal dengan Goa Lawa, yang terbentuk dari aliran lava purba. Pengunjung bisa menjelajahi gua yang memiliki berbagai formasi batuan unik. Selain itu, ada juga spot foto dan area bermain anak-anak. Desa Siwarak berlokasi di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

5. Desa Karangcegak

Desa Karangcegak, berlokasi di Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Desa ini masih memiliki pemandangan menakjubkan. Jika berada di sini, wisatawan harus berkunjung ke Situ Tirta Marta yang merupakan telaga dengan air yan sangat bening. Bahkan, Anda bisa melihat dasar telaga yang berisi bebatuan alam.

6. Desa Panusupan

Desa yang berlokasi di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah ini harus dikunjungi. Berada di desa ini Anda bisa menikmati pemandangan alam Purbalingga dari Puncak Sendaren, yang bisa dicapai dengan satu jam berjalan kaki melewati jalan setapak. Jika sudah berada di puncaknya, Anda bisa melihat hamparan awan menakjubkan.

Itulah seputar desa di Purbalingga yang sangat menakjubkan. Setiap desanya menawarkan pengalaman wisata yang unik dan berbeda, cocok untuk pelancong yang mencari keindahan alam dan budaya lokal.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network