Imigrasi Macet Gegara Pusat Data Nasional Down, Indonesia Rawan Serangan Siber

Vitrianda Hilba Siregar
Akibat Pusat Data Nasional (PDN) sejak Kamis (20/06/24) pukul 04.00 WIB down membuat layanan Imigrasi di Bandara Soekarno Hatta terganggu dan menggunakan cara manual. Foto: MPI

OPINI Oleh : Dr. KRMT Roy Suryo, Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen

SETELAH dunia maya heboh beberapa hari lalu akibat munculnya Ela elo (yang sebelumnya sempat disebut Netizen sebagai situs resmi pengganti layanan platform X / Twitter, namun akhirnya -meski sudah sangat terlambat dan jadi Viral- dinyatakan "HoaX" oleh Kemkominfo Rabu lalu (19/06/24), giliran kemarin, Kemkominfo kembali menjadi pembicaraan marak bahkan tidak hanya di dunia maya lagi, melainkan juga di dunia nyata.  Pasalnya, PDN (Pusat Data Nasional) yang dibangga-banggakannya sejak Kamis (20/06/24) pukul 04.00 WIB down dan disebut-sebut "terkena serangan siber".

Akibatnya salah satu layananu vital yang bergantung kepada PDN tersebut yakni seluruh kantor Imigrasi yang terletak di semua bandara Indonesia menjadi terganggu dan membuatnya harus kembali kecara tradisional alias manual untk melakukan proses keluar-masuknya semua warganegara yg dilayaninya.

Tentu hal ini tidak hanya merepotkan namun juga membahayakan, karena proses manual tentu tidak akan bisa sedetail proses elektronik yang terhubung ke Big Data di PDN dan itupun membutuhkan waktu cukup lama agar bisa bekerja mendekati proses normal. Hal ini tidak salah bisa menimbulkan spekulasi ditengah-tengah masyarakat akan "siapa" yang diuntungkan (baca: bisa lolos ke luar negeri) saat sistem kacau seperti kemarin?

Sebagaimana yang disampaikan oleh Dirjen Imigrasi Silmy Karim, semua layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis (Kantor Imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian) serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan semuanya mengalami kendala. Alhamdulillah sekitar tengah malam kemudian, dilaporkan sistem berangsur mulai pulih dan terus diupayakan untuk bisa melayani kembali mulai hari ini, meski terpaksa harus digunakan backup system yang berasal dari server lain, misalnya dari Batam salahsatu infonya.

Mengapa (lagi-lagi) Kemkominfo yang harus bertanggungjawab atas lumpuhnya sistem kemarin? Karena memang semenjak akhir tahun 2022 lalu, tepatnya 09 November 2022, Pemerintah mulai membangun PDN yang berlokasi di kompleks perindustrian Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Saat itu Menkominfo masih dijabat oleh Johnny Gerarld Plate yang meresmikannya dan memang sampai saat ini sebenarnya PDN masih terus dibangun dengan dana APBN dan bantuan Pemerintah Perancis. Wajar bila PDN ini sangat dibanggakan oleh Kemkominfo sebagai salah satu proyek mercusuarnya, selain Proyek BTS bersama BAKTI yang sayangnya bercitra buruk karena dikorupsi dan bahkan melibatkan sang menteri serta banyak pejabat lain yang masih misteri (?).

Menurut release resmi dari Ditjen Aptika Kemkominfo yang dipublikasikan saat dimulainya pembangunan PDN itu, kapasitas prosesor di PDN yang tersedia adalah sebesar 40 petabyte, memori 200 terabyte dan didukung power supply sebesar 20 megawatt yg bisa dinaikkan menjadi 80 megawatt.

PDN juga didukung oleh sistem keamanan internal dan eksternal terbaik, serta dibangun dengan standar Tier4 yg merupakan standar terbaik di tingkat global. Bukan hanya itu, Fisik Gedungnyapun konon disebut "Ramah Hijau" sebagaimana tren masa kini.

Dalam rancang bangun sistemnya, diiharapkan PDN  bisa berfungsi sebagai konsolidasi data dan interoperabilitas data yang dulunya menggunakan 27.000 server yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga ada efisiensi pengelolaan pusat data untuk mendukung peningkatan layanan e-Government & menghasilkan konsep SDI (Satu Data Indonesia) guna pengambilan keputusan berbasis data yang cepat dan akurat, demikian rencananya saat itu.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network