15 Bank di Indonesia Bangkrut hingga September 2024, Amankah Ekonomi Tanah Air?

Anggie Ariesta
Ilustrasi bank bangkrut. Foto: ist

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tercatat ada 15 bank yang izinnya dicabut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari Januari hingga September 2024. Sebagian besar pencabutan izin ini terjadi pada bank perekonomian rakyat (BPR) yang diduga terlibat dalam praktik penipuan.

Pada semester pertama tahun ini saja, jumlah BPR yang izinnya dicabut sudah tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Total BPR yang disebut bangkrut ini juga sudah mencapai angka di atas rata-rata selama 18 tahun terakhir.

Terbaru, OJK mencabut izin PT BPR Nature Primadana Capital dari Bogor per 13 Agustus 2024 setelah bank tersebut dinyatakan bangkrut.

Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Annas Iswahyudi, mengimbau agar nasabah PT BPR Nature Primadana Capital tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan yang dapat menghambat proses pembayaran klaim penjaminan dan likuidasi bank.

"Serta tidak mempercayai pihak-pihak yang mengaku bisa membantu pengurusan pembayaran klaim penjaminan simpanan dengan imbalan atau biaya yang dibebankan kepada nasabah," ujar Annas dalam keterangan resmi pada Jumat (13/9/2024).

LPS sedang menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah dan pelaksanaan likuidasi bank.

Baru-baru ini, OJK menilai bahwa industri BPR dan BPRS akan selalu menghadapi berbagai tantangan, baik yang bersifat global maupun domestik, serta tantangan struktural dari internal bank itu sendiri.

"Tantangan persaingan juga perlu diperhatikan, terutama bagi BPR/S yang memiliki daya saing rendah," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network