Titip Peresmian Istana Garuda ke Prabowo, Jokowi Resmikan Istana Negara IKN

Binti Mufarida
Presiden Jokowi meresmikan Istana Negara di IKN. Dia sekaligus menitipkan peresmian Istana Garuda ke Prabowo Subianto. (Foto: Binti Mufarida)

PENAJAM PASER, iNewsSerpong.id -- Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Jumat (11/10/2024).

Adapun Istana Garuda, Jokowi menitipkan peresmiannya kepada Prabowo Subianto, yang akan dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober mendatang.

"Pagi ini, kita akan bersama-sama meresmikan Istana Negara di IKN. Istana Garuda masih dalam proses finishing dan diperkirakan akan memakan waktu satu bulan ke depan," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan

Diketahui, Istana Garuda dan Istana Negara merupakan dua bangunan terpisah yang menjadi bagian dari Istana Kepresidenan di IKN. Keduanya terletak di zona 1A Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Istana Negara IKN memiliki basement, lantai dasar, serta lapangan upacara yang telah digunakan dalam Upacara Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024. Bangunan ini dirancang sebagai kediaman resmi bagi presiden.

Sementara itu, Istana Garuda, yang terletak di belakang Istana Negara, akan menjadi lokasi untuk aktivitas kerja rutin presiden, penerimaan tamu, dan rapat. Fungsinya serupa dengan Istana Merdeka di Jakarta.

Menariknya, tampilan Istana Garuda lebih mencolok, berbentuk Burung Garuda Raksasa dengan bentang sayap sepanjang 177 meter dan tinggi 77 meter.

Menurut informasi dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Istana Garuda dirancang oleh arsitek Nyoman Nuarta dan dibangun di lahan seluas 55,7 hektare, dengan luas tapak mencapai 334.200 meter persegi. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network