Gratis, Set Top Box TV Digital, Begini Cara Mendapatkan

Ahmad Muhajir
Set Top Box TV digital dibagikan gratis. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Set top box (STB) akan disalurkan kepada masyarakat secara gratis. Bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung program analog switch off (ASO) April 2022.

Dikutip dari Indonesia.go.id, Sabtu (5/3/2022), sedikitnya sebanyak 6,7 juta keluarga miskin bakal mendapatkan subsidi alat untuk nonton siaran TV digital.

Lewat STB gratis, masyarakat yang memiliki TV analog tidak perlu mengganti televisi baru. Cukup memasang piranti agar tetap bisa menikmati siaran TV digital.

Penyediaan STB gratis ini, juga sebagai upaya mendukung migrasi dari TV analog ke TV digital pada 2022.

Tahap pertama ASO dimulai pada 30 April 2022, artinya pada tanggal tersebut seluruh siaran TV analog akan dimatikan di wilayah yang masuk jadwal ASO tahap I.

Langkah awal bagi masyarakat yang ingin memperoleh bantuan STB, mereka harus masuk dalam DTKS Kemensos. Minimal dalam satu keluarga tersebut memiliki satu unit TV analog.

Oleh karena itu, pemeintah mendorong masyarakat proaktif mengecek data DTKS. Bagi yang berminat dapat STB gratis, agar menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP dan kartu keluarga (KK). Pemberian alat ini masuk kategori bantuan sosial (bansos).

Masyarakat dapat mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu di aplikasi playstore pada gawai masing-masing.

Di aplikasi Cek Bansos, Anda dapat memilih menu daftar usulan. Dari menu usulan dapat mendaftarkan diri Anda yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos.

Kemudian, pada menu daftar usulan tadi silakan pilih menu tambah usulan. Lalu dengan NIK KTP dan KK Anda, sistem akan memvalidasi serta mencocokkan data Anda apakah sudah sesuai atau belum.

Jika nama Anda sudah tervalidasi, selanjutnya Anda bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan. Salah satunya adalah pemberian alat STB gratis.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network