get app
inews
Aa Read Next : Gaikindo Perluas Area GIIAS 2024, Produsen Otomotif Banyak yang Siap Ambil Bagian

Jangan Lengah, Ini Penyebab Motor Terbakar Yang Harus Diwaspadai

Senin, 20 Juni 2022 | 07:45 WIB
header img
Penyebab motor terbakar paling banyak disebabkan oleh modifikasi berlebihan terutama di bagian kelistrikan. Foto/IST

Bahan bakar yang bocor seringkali menjadi dugaan awal saat sebuah kendaraan terbakar. Ini biasa terjadi karena tangki motor yang tidak tertutup dengan baik ataupun lewat selang bahan bakar. Nah, bahan bakar yang bocor atau meluber memiliki kemungkinan terkena percikan api dari sistem pengapian. Inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya motor terbakar saat dikendarai.

Maka dari itu, hindari mengisi bahan bakar motor yang berlebihan sampai meluber. Jangan lupa juga untuk menutupnya dengan kencang, ya. Karena bagaimana pun hal tersebut termasuk ke dalam protokol keamanan saat berkendara.

3. Oli yang Bocor

Sebelum berkendara ada baiknya, Anda mengecek kondisi seluruh bagian motor. Termasuk juga pada komponen yang menampung oli. Perhatikan apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ditemukan oli yang merembes, maka segeralah ganti komponen tersebut.

Karena kemungkinan retak atau pecah. Oli yang bocor ini juga dapat berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa segera ditangani. Kemungkinan terburuknya, motor yang Anda gunakan bisa mengalami kebakaran. Namun selain kemungkinan tersebut, mesin motor pun juga akan lebih mudah rusak atau bahkan jebol karena oli yang dibutuhkan untuk melumasi kinerja mesin kurang.

4. Kondisi Mesin Terlalu Panas

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut