get app
inews
Aa
Read Next : Bak Ruang Kontrol Pesawat Luar Angkasa, Mercedes-Benz EQS Dibekali Layar Hyperscreen 55 Inci

5 Tradisi Unik Bulan Dzulhijjah Di Dunia, Ada Bazar Bumbu Masakan Hewan Kurban

Senin, 04 Juli 2022 | 10:03 WIB
header img
Ilustrasi tradisi unik bulan Dzulhijjah di dunia. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA, iNewsSerpong.id -  Bulan Dzulhijjah menjadi salah satu waktu istimewa bagi kaum Muslimin. Pada bulan ini sejumat umat Islam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Sementara itu, semua Muslim di dunia juga akan memperingati hari raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah. Dalam menyambut momen spesial tersebut, setiap Muslim di negara-negara dunia akan merayakannya dengan tradisi khas masing-masing.

Langsung saja, berikut ini deretan tradisi unik bulan Dzulhijjah di dunia, sebagaimana telah Litbang MNC Portal himpun.

1. Bazar bumbu masakan di Singapura

 

Tradisi bulan Dzulhijjah di Singapura biasanya identik dengan bazar yang menyediakan berbagai macam bumbu dan bahan-bahan untuk mengolah daging. Hal ini dilakukan karena pada saat hari raya Idul Adha, umat Islam disunahkan berkurban.

Berkurban dilakukan dengan menyembelih kambing atau sapi. Kemudian dagingnya dibagikan kembali kepada banyak orang.

Oleh karena itu, banyak Muslim yang akan mengolah daging menjadi berbagai jenis makanan. Hal ini tentunya memerlukan beragam bumbu masakan.

Bazar atau pasar yang ada di Singapura biasanya terletak di kawasan Geylang Serai dan Kampong Glam. Dua lokasi ini berdekatan dengan Masjid Sultan.

2. Savory Eid di Inggris

Umat Islam di Inggris menyebut perayaan Idul Adha sebagai Savory Eid. Hal ini dikarenakan makanan yang disajikan saat Idul Adha memiliki rasa gurih. Makanan tersebut seperti nasi biryani, kebab, dan bistik daging.

Saat hari raya Idul Adha, sebagaimana umat Islam lainnya, kaum Muslimin di Inggris akan memulai hari dengan Sholat Id berjamaah. Kemudian dilanjutkan menyembelih hewan kurban.

3. Muslim India menyembelih kambing

 

India merupakan negara dengan mayoritas masyarakat non-Muslim. Ada yang tidak diperbolehkan memakan daging sapi, karena dianggap hewan suci.

Saat hari raya Idul Adha, umat Islam di India tetap diperbolehkan menyembelih sapi. Namun, kaum Muslimin di negara ini menghormati umat lain dengan lebih memilih menyembelih kambing.

Sama seperti di Indonesia, daging hasil kurban akan dibagikan kepada banyak orang, kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Di India, makanan yang sering dibuat adalah nalli nihari. Ini merupakan sajian daging yang dilengkapi sayuran, daun ketumbar, serta penyedap rasa.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut