Logo Network
Network

Cerita Alumnus UNS Yang Pernah Menjadi Arsitek Di Jepang

Tim Okezone , Okezone
.
Senin, 04 Juli 2022 | 22:42 WIB
Cerita Alumnus UNS Yang Pernah Menjadi Arsitek Di Jepang
Naya, alumnus UNS Surakarta yang pernah menjadi arsitek di Jepang/Dok. UNS

SURAKARTA, iNewsSerpong.id - Alumnus Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Naya Marsatyasti, S.T., M.Eng., membagikan pengalamannya saat menjadi arstiek di Jepang.

Hal ini ia ungkapkan melalui acara Virtual Talk Series with Japan Alumni: Serba-Serbi Menjadi Arsitek di Jepang.

Acara ini merupakan kolaborasi dari Pusat Studi Jepang (PSJ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS, Prodi Arsitektur UNS - Laboratorium URDC UNS, Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) UNS, dan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Surakarta.

Naya yang membawakan materi tentang Mempersiapkan Diri Bekerja sebagai Arsitek di Jepang ini mengatakan bahwa untuk bisa menjadi arsitek di Jepang membutuhkan persiapan yang baik.

“Pertama, siapkan Curriculum Vitae (CV) sesuai format perusahaan dan portofolio karya kamu yang fokus kepada design thinking. Kedua, menguasai bahasa asing dalam hal ini bahasa Jepang minimal N3/N2 dan bahasa Inggris. Ketiga, mengenali tipe perusahaan apakah berbentuk corporate type, atelier/studio type, atau outsource company. Keempat, pastinya job hunting dan jangan lupa submit CV dan portofolio kamu ke perusahaan yang diinginkan,” ujar Naya, Sabtu (25/6/2022).

Naya menambahkan untuk alur kerja seorang arsitek di Jepang tak beda jauh dengan yang ada di Indonesia.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini