get app
inews
Aa Read Next : Malam Ini Timnas Indonesia U-16 Hadapi Filipina

Selamatkan Gawang Timnas U-16 Saat Lawan Myanmar, Andrika: Berkat Bekal Zikir 

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:29 WIB
header img
Andrika Fathir Rachman, kiper Timnas Indonesia U-16. (Foto: PSSI)

SLEMAN, iNews.Serpong.id – Kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 tidak lepas dari peran Andrika Fathir Rachman. Berada di bawah mistar gawang dalam adu pinalti, Andrika menjadi pahlawan dengan menepis tendangan eksekutor keempat Myanmar, Shine Wanna Aung. 

Kedudukan akhir 5-4 membawa anak asuh Bima Sakti melaju ke babak final. Di laga penentu juara ini, Muhammad Riski Afrisal dan kawan-kawan akan menghadapi Vietnam yang berhasil mengalahkan Thailand 2-0.

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Rabu (10/8/2022) malam WIB, kedua kesebelasan bermain imbang, 1-1. Garuda Asia berhasil menang atas Myanmar lewat babak adu penalti dengan skor 5-4.

Pada babak pertama, Tim Merah-Putih tampil sangat dominan dengan membombardir pertahanan tim tamu. Sayangnya, mereka justru kecolongan di akhir babak pertama oleh gol yang dicetak Nay Min Htet (43’). 

Pada babak kedua Indonesia mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas ciamik dari Muhammad Riski Afrisal. Adu penalti Andrika menjadi pahlawan dengan menepis tendangan eksekutor keempat Myanmar, Shine Wanna Aung. 

Andrika yang menjaga gawang tak memungkiri dia tegang ketika tampil di babak tos-tosan. Akan tetapi menurut dia, berkat bekal zikir yang dipesan oleh orang tuanya untuk selalu dibaca, dia mampu mengatasi ketegangan tersebut dan akhirnya sukses memberi kemenangan bagi Indonesia. 

“Perasaan saya alhamdulillah sudah agak lega sekarang karena tadi pas adu penalti saya merasa sedikit tegang,” kata Andrika dalam konferensi pers pascalaga. “Tapi karena sudah dikasih bekal oleh orang tua di rumah dan juga saudara-saudara untuk terus berdzikir agar diberi rezeki oleh Allah SWT, alhamdulillah bisa menang.” 

Dengan hasil tersebut, pasukan Bima Sakti melangkah ke partai final Piala AFF U-16 2022. Mereka sudah ditunggu oleh Vietnam, yang sukses mengalahkan Timnas Thailand U-16 di semifinal dengan skor 2-0. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut