get app
inews
Aa Read Next : Suhu Tertinggi 52 Derajat Celsius di Thailand, Gelombang Panas Landa ASEAN

Ekonomi Internet ASEAN 2030 Diprediksi Tembus 1 Triliun Dolar AS

Kamis, 11 November 2021 | 08:00 WIB
header img
Pertumbuhan ekonomi internet yang cepat di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) diprediksi tembus 1 triliun dollar 2030 mendatang. Foto: Ilustrasi

Industri online di ASEAN diproyeksikan tumbuh dari 174 miliar dolar AS dalam volume bisnis bruto (GMV) pada akhir 2021 menjadi 360 miliar dolar AS pada 2025 dan 1 triliun dolar AS pada tahun 2030.

Ini terutama didorong oleh e-commerce dan pengiriman makanan.  Laporan tersebut, yang mencakup Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Filipina, menemukan GMV e-commerce diperkirakan akan meningkat hampir dua kali lipat menjadi 120 miliar dolar AS pada akhir tahun ini dan mencapai 234 miliar dolar AS pada 2025.

Singapore Comic Con 2019 Pertemukan Budaya Pop Barat dan Asia Terbaik Semua negara akan mengalami pertumbuhan dua digit pada tahun ini, dengan Indonesia yang menjadi negara terpadat di ASEAN, menyumbang 40 persen atau 70 miliar dolar AS terhadap total GMV Asia Tenggara.

Sedangkan Filipina mengalami pertumbuhan sebesar 93 persen, menjadi ekonomi digital senilai 17 miliar dolar AS.

“GMV (untuk Asia Tenggara) meningkat 49 persen year to year karena konsumen seismik dan ekosistem berubah dengan cepat, yang mengarah ke momentum untuk adopsi digital massal terus berlanjut,” kata Partner dan Leader of Asia Pacific Digital Practice dari Bain Company Florian Hoppe.(*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut