get app
inews
Aa Read Next : Begini Bisukan Telepon WA dari Nomor tak Dikenal

Pilih Desain Ciamik atau Fitur Canggih, Adu Komparasi Hyundai Creta Vs Honda HR-V

Senin, 29 Agustus 2022 | 10:49 WIB
header img
Komparasi Hyundai Creta kontra Honda HR-V dilihat dari eksterior, interior, fitur dan harga. (Foto: Hyundai/Honda)

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Penggemar mobil jenis sport utility vehicle (SUV), khususnya SUV 5-seater di Indonesia sangat tinggi. Tercatat setidaknya terdapat dua merek yang bersaing di kelas ini adalah Hyundai Creta versus Honda HR-V. Seperti apa perbandingan kedua SUV ini? 

Berikut komparasi Hyundai Creta kontra Honda HR-V dilihat dari eksterior, interior, fitur dan harga.

Eksterior

Sebagai mobil SUV, Hyundai Creta memiliki dimensi atau ukuran yang cukup besar dengan panjang 4.513 mm dan tinggi 1.630 mm dengan tambahan 200 mm pada bagian ground mobil.

Hyundai Creta juga dibekali lampu halogen pada bagian kanan dan kiri depan dekat dengan radiator grille untuk varian Active dan Trend, serta lampu MFR LED untuk varian Style dan Prime yang menambah kesan sporty.

Sementara Honda HR-V menawarkan dimensi lebih kompak panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.590 mm dengan ground clearance 190 mm. Honda HR-V membawa lekuk bodi yang lebih tajam. Pada bagian depan, desain grille dibuat baru dan terintegrasi dengan lampu utama yang sudah LED untuk menambah kesan modern dan stylish.


Interior

 Hyundai Creta menawarkan interior lapang dengan dasbor yang didominasi warna hitam dengan sedikit aksen silver dan krom yang secara tampilan sangat elegan. Ditambah ada banyak kompartemen atau tempat penyimpanan.

Semua varian Hyundai Creta telah dilengkapi dengan head unit 8 inchi yang sudah bisa terkoneksi dengan mudah ke smartphone. Kontrol head unit ini bahkan sudah mendukung kemampuan touch screen.

Honda HR-V juga menawarkan interior dengan dasbor didominasi warna hitam dengan aksen silver modern. Desain dasbor mengusung konsep minimalis namun elegan berkat penempatan panel instrumen yang simetris. SUV dari Honda ini menerima head unit berukuran 8 inci untuk tipe RS, sedangkan tipe di bawahnya membawa layar yang lebih kecil, yaitu 7 inci.

Meski demikian, seluruhnya sudah touch screen dan mendukung fitur hiburan mumpuni.

 

Fitur

Hyundai Creta memiliki beragam fitur yang akan menjaga keamanan berkendara.

Salah satunya adalah Hyundai Smart Sense yang dapat mencegah terjadinya tabrakan dari depan saat ada objek yang membahayakan.

Untuk fitur kenyamanan, Hyundai telah menyematkan tilt and telescopic steering wheel yang membuat posisi setir mobil dapat disesuaikan. Ada pula Bluelink yang merupakan teknologi untuk memudahkan melakukan pengecekan kendaraan.

Untuk fitur keselamatan, Honda HR-V tersedia Honda Sensing yang terdiri atas empat sistem yang bekerja untuk meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara. Di sektor kenyamanan Honda HR-V memiliki fitur Rear Seat Reminder yang akan mengingatkan penumpang memeriksa barang-barang di baris kedua melalui layar MID sebelum meninggalkan mobil. Tidak berhenti di situ, ada juga Honda LaneWatch berupa kamera yang terletak di spion sebelah kiri, untuk memperoleh penglihatan yang lebih luas yang ditampilkan melalui layar head unit sehingga lebih aman saat bermanuver.


Mesin Hyundai Creta didukung mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinders. Di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 113 hp pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm. Untuk Honda HR-V didukung dengan 1.5L DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Mesin yang diusungnya ini dapat menghasilkan tenaga 118 hp pada 6.600 rpm dan torsi 145 nm pada 4300 rpm. Harga Ada enam tipe Hyundai Creta yang ditawarkan, yakni Active MT 6-speed Rp288 juta, Trend MT dengan harga Rp 309,5 juta, Trend IVT Rp330 juta, Style IVT Rp 372 juta, Prime IVT Rp 397,5 juta, dan Prime IVT two tone Rp404 juta on the road (OTR) Jakarta. All New Honda HR-V ditawarkan dalam empat Tipe. Tipe termurah adalah S CVT dengan harga Rp364,9 juta, tipe E Rp384,9 juta, tipe ES CVT dengan harga Rp405,1 juta, serta tipe Turbo RS Rp515,9 juta.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Komparasi Hyundai Creta Versus Honda HR-V, Adu Desain dan Fitur ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/komparasi-hyundai-creta-versus-honda-hr-v-adu-desain-dan-fitur/all.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut