Logo Network
Network

Bumi Resources (BUMI) Berencana Rights Issue Rp24 Triliun,Kebutuhan Bayar Utang

Cahya Puteri Abdi Rabbi
.
Sabtu, 03 September 2022 | 19:50 WIB
Bumi Resources (BUMI) Berencana Rights Issue Rp24 Triliun,Kebutuhan Bayar Utang
PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau rights issue Rp24 triliun.

JAKARTA,iNewsSerpong.id - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau rights issue Rp24 triliun. Penambahan modal tersebut akan digunakan untuk membayar utang.

Mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), BUMI akan menerbitkan sebanyak 200 miliar saham seri C dengan harga pelaksanaan Rp120 per saham. Dengan demikian, perseroan akan meraup dana Rp24 triliun atau USD1,6 miliar pada kurs tukar Rp15.000 per USD1 yang telah disepakati antara perseroan dan pemodal.

“Sehubungan dengan rencana PMTHMETD, perseroan bermaksud untuk meminta persetujuan dari para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada hari Selasa, 11 Oktober 2022,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi, dikutip Sabtu (3/9.2022).

Manajemen BUMI menjelaskan, aksi korporasi ini dilakukan dalam rangka memperbaiki posisi keuangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf a dapat dilakukan sepanjang memenuhi kondisi antara lain, apabila suatu perusahaan tersebuka mempunyai modal kerja bersih negatif dan mempunyai liabilitas melebihi 80 persen dari aset perusahaan terbuka pada saat RUPS yang menyetujui PMTHMETD tersebut.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan keuangan hingga Juni 2022, modal kerja BUMI masih tercatat minus USD1,92 miliar yang berasal dari perhitungan total aset lancar konsolidasian perseroan sebesar USD989,43 juta, dikurangi total liabilitas jangka pendek konsolidasian perseroan sebesar USD2,91 miliar.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.