get app
inews
Aa Read Next : Datangnya Musibah Akhir Zaman, Setidaknya Dipicu 15 Maksiat

4 Negeri yang Direkomendasikan Rasulullah untuk Ditinggali di Akhir Zaman, Terhindar dari Fitnah Daj

Rabu, 07 September 2022 | 10:33 WIB
header img
Negeri yang Direkomendasikan Rasulullah untuk Ditinggali di Akhir Zaman, Makkah, Masjidil Haram (Foto: AP)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada empat negeri yang direkomendasikan Rasulullah untuk ditinggali di akhir zaman. Empat negeri tersebut telah didoakan oleh Nabi Muhammad SAW, sehingga di akhir zaman nanti akan terhindar dari fitnah Dajjal.

Keempat negeri tersebut juga begitu diberkahi oleh Allah SWT. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah empat negeri yang yang direkomendasikan Rasulullah untuk ditinggali di akhir zaman.

Negeri yang Direkomendasikan Rasulullah untuk Ditinggali di Akhir Zaman

1. Makkah dan Madinah

Makkah dan Madinah merupakan dua negeri yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk ditinggali di akhir zaman. Keduanya disebut sebagai kota suci bagi umat Muslim yang berada di Arab Saudi.

Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW, bahwasanya Allah SWT akan menjamin bahwa kedua kota ini akan dijaga oleh Malaikat Jibril dari fitnah Dajjal.

Rasulullah SAW bersabda, “Tiada suatu negeri pun melainkan akan diinjak oleh Dajjal, kecuali hanya Makkah dan Madinah yang tidak. 
Tiada suatu lorong pun dari lorong-lorong Makkah dan Madinah itu, melainkan di situ ada para malaikat yang berbaris rapat untuk melindunginya. 

Kemudian Dajjal itu turun lah di suatu tanah yang berpasir ( di luar Madinah ) lalu kota Madinah bergoncanglah sebanyak tiga goncangan dan dari goncangan-goncangan itu Allah akan mengeluarkan setiap orang kafir dan munafik (dari Makkah – Madinah) .” (HR. Muslim).

2. Syam

Negeri Syam juga merupakan salah satu negeri yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW yang mendapat berkah dari Allah SWT.

Negeri Syam berada di Timur Laut Mediterania, Barat sungai Efrat, Utara Gurun Arab, dan sebelah Selatan Pegunungan Taurus. Saat ini, Syam merujuk pada sejumlah negara di antaranya adalah Lebanon, Palestina, Suriah, dan Yordania.

Rasulullah juga menyebutkan bahwa Syam merupakan salah satu negeri yang banyak mendapatkan keberkahan dari Allah. Negeri Syam senantiasa dijaga oleh malaikat, sehingga menjadi salah satu tempat yang baik untuk dihuni di akhir zaman.

Hal ini sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya:
“Beruntunglah negeri Syam. Sahabat bertanya: Mengapa? Jawab Nabi SAW: Malaikat rahmat membentangkan sayapnya di atas negeri Syam.” (HR. Imam Ahmad)
Dalam sebuah riwayat lain juga dijelaskan bahwa Negeri Syam ini akan menjadi tempat terbunuhnya Dajjal.

“Al Masih Dajjal akan datang dari timur, dia akan pergi ke Madinah, sampai dia berada di belakang Uhud, kemudian dia disambut oleh malaikat, kemudian malaikat itu mengarahkannya ke Syam, di sana dia dihancurkan, di sana dihancurkan.” (HR.Imam Ahmad).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut