get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Awas Kesalip, Pengembangan Mobil Listrik Vietnam Lebih Agresif

Rabu, 24 November 2021 | 10:07 WIB
header img
Pengembangan mobil listrik jangan sampai didahului Vietnam. (Foto : iNewsSerpong)

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Indonesia terus membangun ekosistem kendaraan listrik seiring cepatnya pengembangan negara-negara tetangga di regional.

Nah, kabar terbaru Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang cukup agresif mengembangkan kendaraan listrik. Negeri Paman Ho itu telah memproduksi mobil nasional (mobnas) bertenaga listrik VinFast dengan total investasi USD 5,4 miliar dan siap dipasarkan di Indonesia. Pertanyaaannya apakah Indonesia akan menjadi pasar? Atau mampu membangun mobnas kendaraan listrik.

Pengamat otomotif Bebin DJuana menilai saat ini indonesia belum mampu menunjukkan tajinya di sektor pengembangan kendaraan listrik, disisi lain Negara di kawasan Asia Tenggara cukup agresif.

 “Saat ini tidak ada yang perlu ragu lagi dalam mengembangkan kendaraan listrik di Tanah Air, karena pemerintah sudah sangat jelas membuat roadmap industri ini. Kalau tidak agresif, Indonesia bisa tertinggal. Padahal kita memiliki pasokan bahan baku baterai mobil listrik melimpah," kata Bebin, Selasa (23/11/2021).

Aksi yang dibutuhkan saat ini, kata dia, adalah dengan mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik mulai dari hulu hingga hilir. Termasuk di dalamnya menyediakan industri komponen penunjang, terutama baterai.

Dia menambahkan, pemerintah juga perlu menyusun skenario untuk mengimbangi penetrasi pasar oleh Vietnam tersebut. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis penyewaan baterai untuk menunjang eksistensi lalu lintas mobil listrik.(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut