get app
inews
Aa Read Next : Mudahkan Wisatawan, Arab Saudi Izinkan Umrah Pakai Visa Turis

5 Imam Masjidil Haram yang Memiliki Suara Bacaan Al-Qur'an Merdu

Sabtu, 24 September 2022 | 17:33 WIB
header img
Imam Masjidil Haram Mekkah bukanlah orang sembarangan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi menjadi imam di masjid yang menjadi kiblat umat Islam ini. Selain hafiz 30 juz, juga harus memiliki suara indah dan kedalaman ilmu agama. Foto/dok Channel YouTu

2. Syaikh Bandar Balela

5 Imam Masjidil Haram yang Memiliki Suara Bacaan Al-Qur'an Merdu


Nama lengkapanya adalah Bandar bin Abdul Aziz Balilah, lahir di Mekkah 1395 H. Beliau adalah Imam sekaligus Khatib Masjidil Haram dan Assistant Professor di Universitas Taif.

 

Dia menyelesaikan pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi di Makkah. Lulus sarjana dari Universitas Umm Al-Qura. Pada 1422 H mendapat gelar magister dari Sekolah Tinggi Ilmu Syariah dan Islam. Selanjutnya, memperoleh gelar doktor dari Universitas Islam Madinah pada 1429 H.

Syaikh Balilah memiliki suara bacaan Al-Qur'an yang sangat merdu. Ketika menjadi imam, beliau sering melantunkan Al-Qur'an dengan dengan irama Jiharkah. Suaranya sangat menyentuh hati dan membuat jamaah terhangut mendengarkannya.

3. Syaikh Khalid Al-Ghamdi

5 Imam Masjidil Haram yang Memiliki Suara Bacaan Al-Qur'an Merdu


Imam Masjidil Haram berikutnya adalah Khalid bin Ali Al-Ghamdi. Lahir di Mekkah.Beliau menyelesaikan hafalan Al-Qur'an di bawah pengawasan seorang ulama Pakistan di Mekkah pada usia 16 tahun.

 

Beliau merupakan lulusan Universitas Ummul Qurra Fakultas Dakwah dan Ushuluddin dan meraih gelar Magister dalam bidang qiroah dan gelar doktoral dalam bidang tafsir.

Ditunjuk menjadi imam Masjidil Haram pada tanggal 25 Dzulhijjah 1428 H atau Tahun 2008. Sholat pertama yang beliau pimpin adalah sholat Zuhur pada Rabu 23 Dzulhijah 1428 H. Dan sholat jahriyah pertama yang beliau pimpin adalah sholat Isya pada Ahad 27 Dzulhijah 1428 H.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut