get app
inews
Aa Read Next : Calon Suami Tewas Ditusuk Mantan Pacar, Agusvita Batal Menikah

Singo Edan, Profil dan Sejarah Arema FC Klub Bola di Indonesia hingga Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 02 Oktober 2022 | 17:38 WIB
header img
Arema FC sukses meraih titel juara Piala Presiden 2022 usai mengandaskan Borneo FC. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.idArema FC merupakan klub sepak bola profesional yang berasal dari Malang, Jawa Timur  menarik atensi masyarakat Indonesia maupun dunia.

Peristiwa berdarah yang terjadi usai kekalahan Arema FC atas Persebaya Surabaya dengan hasil 2-3 terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Hingga kini, jumlah korban tewas dilaporkan mencapai 170 orang dan puluhan lainnya masih dirawat.

Nama klub Arema FC memang sudah dalam dikenal sebagai salah satu klub sarat prestasi di kancah persepak bolaan Indonesia.

Klub yang berbasis di Kota Malang, Jawa Timur, ini sering kali memenangkan gelar juara dan sejumlah turnamen bergengsi. Prestasi teranyar diraih klub berjuluk Singo Edan saat menyabet gelar Piala Presiden 2022.

Gelar juara tersebut diraih Arema FC usai mengalahkan Borneo FC di laga final Piala Presiden 2022.

Profil dan Sejarah Arema FC Klub Bola di Indonesia
Arema FC berdiri pada 11 Agustus 1987. Sebelumnya, klub sepak bola itu bernama Arema Malang.

Arema FC lahir dibidani sejumlah tokoh di antaranya Acub Zaenal (Mantan Gubernur Irian Jaya Ketiga) beberapa mantan pengurus PSSI periode 1980 an dan Dirk Derek Sutrisno (Pendiri Klub Armada 86).

Nama klub pertama didirikan yakni bernama Aremada 86. Nama tersebut adalah gabungan nama akronim dari Arema dan Armada 86. Beberapa waktu berselang, nama klub diubah menjadi Arema 86.

Namun karena terkendala dana, akhirnya kepemilikan klub berpindah dari Dirk Derek Sutrisno ke Acub Zainal dan anaknya, Lucky. Klub Arema FC sendiri bahkan pernah berganti nama hingga empat kali.

Sebelumnya Arema FC bernama PS Arema Malang (1987-1995) lalu berubah menjadi PS Arema Bentoel (1995-2009) kemudian Arema Indonesia FC (2009-2013) diganti menjadi Arema Cronus (2013-2016), dan terakhir Arema FC (2017-sekarang).

Prestasi Arema FC
Arema berhasil menjuarai Piala HUT ke-5 Arema. Mereka turut juara di Galatama pada musim 1992-1993. Prestasi terus berlanjut, Arema memenangkan beberapa gelar diantaranya, Piala Indonesia, Indonesia Super League (ISL).

Raihan gelar tersebut Arema raih di musim 2012. Semusim berselang, mereka juga mampu mengunci posisi runner-up di ISL 2013.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut