Logo Network
Network

10 Pengusaha Terkaya Rusia, Miliki Harta hingga Ratusan Triliun

Lutfan Faizi
.
Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:11 WIB
10 Pengusaha Terkaya Rusia, Miliki Harta hingga Ratusan Triliun
Pusat bisnis internasional di Moscow, Rusia. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id -  Rusia diketahui menyimpan sejumlah pengusaha. Memiliki kekayaan miliaran dolar atau triliunan rupiah. Rusia salah satu negara di Eropa yang dikenal dengan perekonomian yang bagus.

Tak mengherankan bila melahirkan pengusaha tajir yang banyak dengan kekayaan yang berlimpah. Kebanyakan pengusaha terkaya dari Rusia ini bergerak dalam bisnis pertambangan.

10 Pengusaha Terkaya di Rusia Dilansir dari Forbes beberapa waktu lalu :

1. Alexey Mordashov

Alexey Mordashov dan keluarganya memiliki kekayaan senilai USD29,1 miliar atau setara dengan Rp421,5 triliun. Usahanyanya sendiri bergerak di bidang tambang baja dan investasi.


Alexey Mordashov. (Foto : Ist)
 
 
Selain menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan baja Severstal, dia juga memiliki hampir 25 persen saham TUI Group, salah satu perusahaan perjalanan dan pariwisata terbesar di dunia.

2. Vladimir Potanina


Vladimir Potanina. (Foto : Ist)
 

Pengusaha logam ini memiliki kekayaan total sekitar USD27 atau sekitar Rp391 triliun. Sebagian besar kekayaannya sekarang diparkir di produsen paladium dan nikel yang terdaftar di Moskow, sebesar 35%.

3. Vladimir Lisin

Kekayaan dari Vladimir Lisin mencapai USD26,2 miliar atau setara Rp379,5 triliun. Dia memiliki perusahaan Baja dan Angkutan sebagai penopang bisnisnya. Lisin mulai bekerja untuk sekelompok pedagang yang mendominasi ekspor aluminium dan baja Rusia.

Ketika para mitra berpisah pada tahun 2000, Lisin mendapatkan saham mayoritas di Novolipetsk Steel yang diperdagangkan secara publik di Rusia.

4. Vagit Alekperov


Vagit Alekperov. (Foto : iNews)

Kekayaan bersih yang dimiliki pengusaha minyak ini sebesar USD24,9 miliar atau sekitar Rp360,6 triliun. Dia bahkan memiliki sekitar 30% saham dari raksasa minyak yang diperdagangkan secara publik.

5. Leonid Mikhelson

Leonid memiliki angka kekayaan yang sama dengan Vagit yakni USD24,9 miliar atau sekitar Rp360,6 triliun. Perusahaan yang dimilikinya bergerak di bidang gas dan kimia.

Pada awalnya dia sempat memulai kariernya sebagai mandor untuk sebuah perusahaan konstruksi yang mengerjakan pipa gas di wilayah Tyumen Rusia.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.