get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Kerjasama IA-CEPA, RI Buka Peluang Ekspor Kendaraan Listrik ke Pasar Australia

Minggu, 23 Oktober 2022 | 05:19 WIB
header img
IA-CEPA Buka Peluang Kendaraan Listrik RI Tembus Pasar Australia (Dok.MNC)

SERPONG CITY,iNewsSerpong.id - Indonesia membuka peluang ekspor kendaraan listrik ke pasar Austrlia.Hal ini merupakan salah satu implementasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

Hal ini membuka peluang bagi eksportir Indonesia untuk mendalami pasar negara tetangga, Australia. Selain menghapus seluruh tarif bea masuk Australia, IA-CEPA juga mendorong potensi kemitraan ‘powerhouse’ antara dunia usaha Indonesia dan Australia.

Dia mengatakan, bahkan tidak mustahil suatu saat nanti akan beredar di Australia berupa produk kendaraan listrik dan spare part RI.

"Kita ingin sangat menggunakan IA-CEPA ini sebagai jalan tol kalau istilah pak menteri untuk bisa memasarkan produk-produk yang punya nilai tambah tinggi, tidak hanya sekedar produk-produk atau komoditi yang kurang bernilai tambah," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi di ajang TEI 2022 di ICE BSD, Tangerang (22/10/2022).

"Kita kan sudah punya electrik vehicle jadi bisa kita coba untuk menembus pasar Australia," tambahnya.

Sebagai informasi, TEI 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan bersama para stakeholder terkait dengan mendorong tujuh sektor unggulan yakni manufaktur, fesyen dan aksesori, perawatan kesehatan dan kecantikan, makanan dan minuman, peralatan medis, perabotan dan dekorasi rumah, serta digital dan layanan.

TEI 2022 digelar secara offline pada 19–23 Oktober 2022 di ICE BSD, sedangkan secara virtual digelar pada 19 Oktober hingga 19 Desember 2022. Pameran tersebut ditargetkan menambah USD10 miliar pada neraca perdagangan Indonesia.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut