get app
inews
Aa Read Next : Serius! Persiba Bantul Disponsori Warung Mie Ayam Pak Sarmintul

Simposium IDPPS 2002 di Yogyakarta Bahas Perlindungan Data Pribadi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:13 WIB
header img
Simposium IDPPS 2002 di Yogyakarta bahas perlindungan data pribadi. Foto: Ist

YOGYAKARTA, iNewsSerpongCity.id – Dengan disahkannya Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2022, yang mengatur berbagai aspek persyaratan pelindungan yang harus diterapkan oleh pihak pemroses. 

Aspek pelindungan yang ditetapkan mencakup banyak hal yang secara umum merupakan persyaratan yang masih “asing” atau belum pernah diterapkan oleh mayoritas institusi di Indonesia. 
    
Salah satu bentuk kegiatan untuk mendukung hal tersebut, Xynexis International bersama Kominfo pada tanggal 25-26 Oktober 2022 bertempat di Hotel JW Marriot Yogyakarta menyelenggarakan simposium yang mengangkat dan membahas spek penerapan Pelindungan Data Pribadi, baik dari sisi kerangka kerja maupun teknologi terkait. 

Bagi pemroses data pribadi berskala besar seperti institusi perbankan dan perusahaan multi nasional, keperluan melindungi data pribadi sudah menjadi bagian dari manajemen risiko dan disahkannya UU PDP ini akan meningkatkan prioritas dan sumberdaya yang di alokasikan untuk kepatuhannya. 

Akan tetapi bagi sebagian besar pelaku industri dan penyelenggaraan layanan di Indonesia, banyak hal yang ditetapkan oleh Undang-Undang tersebut memerlukan pembahasan yang lebih jelas, khususnya dari sudut pandang penerapan dan operasional kesehariannya. 

Kominfo sebagai kementerian yang sejak awal mengawal penyusunan UU PDP dan akan menjadi bagian dari skema pengawasan dan penegakan hukumnya, telah menyiapkan sejumlah inisiatif untuk menyiapkan sosialisasi, publikasi dan pembentukan ekosistem untuk penerapan Pelindungan Data Pribadi, termasuk yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan edukasi pelaku industri dan masyarakat. 

Salah satu bentuk  kegiatan untuk mendukung hal tersebut, diselenggarakan simposium yang mengangkat dan membahas aspek  penerapan Pelindungan Data Pribadi, baik dari sisi kerangka kerja maupun teknologi terkait. 

Indonesia Data Privacy and Protection Symposium2022 (IDPPS) yang diselengarakan di Yogyakarta, mengangkat tema Data Privacy and Protection : The Baseline for trust. IDPPS akan menjadi acara seminar internasional yang akan diselenggarakan oleh Xynexis International dan didukung oleh Kominfo beserta berbagai pihak- pihak lain yakni ; CBQA, PwC, Forcepoint, Fortinet,Thales, Google, Microsoft, Meta , PT PijarEdukasiTeknologi / Ignite,  Straits Interactive, PT Noosc Security Global, TUV, AWS,  AGIT.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut