get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pakai HP Nikah Online, Netizen Banjir Komentar

Vladimir Putin Hanya Ikut Secara Virtual, Ini Inisiatif yang Dibawa Rusia ke KTT G20

Jum'at, 11 November 2022 | 07:30 WIB
header img
Vladimir Putin tak akan hadir dalam KTT G20, namun mengikuti secara virtual (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsSerpong.id - Presiden Vladimir Putin dipastikan tak hadir pada KTT G20 pada 15-16 November mendatang di Bali. Namun, Rusia akan mengumumkan sejumlah inisiatif dalam pertemuan para kepala negara itu.  

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan Rusia akan mengumumkan beberapa insiatif kerja sama gas dengan Turki serta ekspor biji-bijian. Dan, Vladimir Putin akan mengikuti salah satu sesi secara virtual.

Kerjasama Gas Turki

"Sejumlah inisiatif khusus direncanakan, termasuk meningkatkan kerja sama gas dengan Turki, (dan) mengatur pengiriman biji-bijian dan pupuk dalam jumlah besar," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters, Kamis (10/11/2022).

Sebelumnya, Vladimir Putin mengusulkan gagasan untuk menciptakan 'pusat gas' di Turki. Dari situ nantinya gas Rusia bisa dijual ke pasar Eropa.

Selain soal pangan, Kemlu Rusia berharap KTT G20 di Bali mampu memberikan kontribusi pada pembentukan dunia "multipolar". Istilah ini sering digunakan Putin untuk mengkritik dominasi negara Barat dalam urusan global.

Ketidakhadiran Putin dipastikan Kremlin dan Kedutaan Besar Rusia di Jakarta. Sebelumnya sumber pejabat di Rusia mengatakan kepada Bloomberg, Putin tak hadir karena menghindari konfrontasi dengan para pemimpin negara Barat. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia di KTT G20 ini. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Vladimir Putin Tak Hadir, Ini Inisiatif yang Akan Dibawa Rusia ke KTT G20 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/vladimir-putin-tak-hadir-ini-inisiatif-yang-akan-dibawa-rusia-ke-ktt-g20.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut