get app
inews
Aa Read Next : Vladimir Putin Hanya Ikut Secara Virtual, Ini Inisiatif yang Dibawa Rusia ke KTT G20

Rusia Murka, Perihal Putin Dituduh Terlibat Tragedi Pesawat Malaysia Airlines MH17

Jum'at, 10 Februari 2023 | 09:42 WIB
header img
Vladimir Putin diindikasi kuat terlibat dalam penembakan pesawat MH17 (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsSerpong.id - Rusia membantah tuduhan keterlibatan Presiden Vladimir Putin dalam penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 pada Juli 2014 yang menewaskan 298 orang. Temuan penyelidik internasional, sebagaimana diungkap dalam pernyataan di Den Haag, Belanda, Rabu lalu, ada indikasi kuat keterlibatan Putin dalam insiden tersebut.

Peyelidik menyatakan, Putin menyetujui penggunaan rudal BUK untuk menembak jatuh pesawat saat melintas di wilayah udara Ukraina saat itu. Mereka membuat kesimpulan dugaan keterlibatan Putin berdasarkan percakapan telepon yang disadap. Meski demikian bukti keterlibatan langsung Putin atau pejabat Rusia lainnya belum cukup untuk menyeret mereka ke pengadilan pidana.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Rusia tidak bisa menerima hasil penyelidikan karena jelas-jelas tidak dilibatkan dalam penyelidikan.

Selain itu, lanjut dia, penyidik tak memberikan bukti pendukung secara terbuka.

"Kami tahu rekaman panggilan telepon dirilis, di mana tidak ada sepatah kata pun mengungkap tentang senjata. Bahkan dengan asumsi percakapan ini nyata, tidak ada satu kata pun membahas senjata," kata Peskov, dikutip dari Reuters, Kamis (9/2/2023).

Saat disinggung temuan Putin menyetujui pengiriman rudal BUK ke separatis pro-Rusia di Ukraina, Peskov menegaskan kembali pihaknya tak dilibatkan dalam penyelidikan.

"Jadi kami tidak bisa menerima hasil ini," ujarnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut