get app
inews
Aa Read Next : Berpuasa dengan Melewatkan Sahur ini Bahayanya

7 Golongan yang Dinaungi Allah pada Hari Kiamat, Salah Satunya Laki-laki yang Menolak Ajakan Zina

Sabtu, 12 November 2022 | 08:54 WIB
header img
Bagi umat muslim yang mengisi hidupnya dengan ketaatan maka kelak di Hari Kiamat akan mendapat naungan Allah Taala. Foto/Ist

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Setiap muslim tentu ingin mendapatkan naungan Allah pada Hari Kiamat, hari huru-hara yang tidak ada pertolongan kecuali pertolongan-Nya. Pada Hari Kiamat nanti semua manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan untuk menjalani pengadilan Allah.

Bagi umat muslim yang mengisi hidupnya dengan ketaatan, maka hisabnya akan dipermudah. Sebaliknya, orang yang mengisi hidupnya dengan catatan buruk maka ia akan menghadapi hisab yang berat.

Karena itu jadilah satu di antara 7 golongan yang mendapat naungan Allah pada Hari Kiamat. Rasulullah صلى الله عليه وسلم (SAW) mengabarkan ada 7 golongan manusia yang akan dinaungi Allah pada Hari Kiamat.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Tujuh golongan yang dinaungi Allah pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam/pemimpin yang adil, (2) Seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allah, (3) Seorang yang hatinya terpaut/bergantung ke masjid, (4) Dua orang yang saling mencintai di jalan Allah, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) Seorang laki-laki yang diajak berzina oleh wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, 'Sesungguhnya aku takut kepada Allah.' (6) Seseorang yang bersedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, dan (7) Seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi lalu ia menangis meneteskan air matanya." (HR Al-Bukhari, Muslim)

1. Pemimpin (Imam) yang Adil
Inilah golongan pertama yang mendapat naungan Allah di Hari Kiamat. Bersikap adil ketika memimpin tidaklah mudah. Dalam satu hadis riwayat Imam Muslim, Nabi berpesan: "Sesungguhnya orang-orang yang adil kelak di sisi Allah berada di tempat-tempat yang tinggi (mimbar) yang terbuat dari cahaya, di sebelah kanan Zat Yang Maha Pengasih. Kedua tangannya merupakan tangan kanan orang-orang yang adil dalam keputusan mereka, keluarga mereka dan apa-apa yang dikuasakan kepada mereka."

2. Pemuda yang Tumbuh Dewasa Beribadah kepada Allah
Golongan kedua adalah pemuda yang tumbuh dewasa dan mengisi hidupnya beribadah kepada Allah. Allah benar-benar mengagumi seorang pemuda yang tidak memliki shabwah. Maksudnya adalah pemuda yang tidak memperturutkan hawa nafsunya. Dia membiasakan dirinya melakukan kebaikan dan berusaha keras menjauhi keburukan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut