get app
inews
Aa Read Next : Sopir Fortuner Arogan Ternyata Pengusaha, Cuma Ngaku-ngaku Adik Jenderal dan Bukan Anggota TNI

9 Pasukan Elite TNI Punya Kemampuan di Atas Rata-Rata Menjadi Kebanggan Indonesia

Sabtu, 19 November 2022 | 08:23 WIB
header img
Prajurit elite Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI AD saat menggelar latihan untuk pengamanan KTT G20 di Denpasar, Bali belum lama ini. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

JAYAPURA, iNewsSerpong.id - TNI memiliki sejumlah pasukan elite dengan kemampuan luar biasa. Bisa dibilang, satu orang dari mereka keahliannya setara dengan ratusan prajurit biasa.

Pasukan elite dibentuk agar bisa mengerjakan tugas pasukan reguler, tetapi secara lebih baik. Proses seleksi masuknya pun sulit dan biasanya pelatihannya sangat ketat.

Daftar Lengkap 9 prajurit elite TNI :

1. Paskhas/Kopasgat 

Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU punya sebutan lain Baret Jingga. Namun kini nama Paskhas telah berubah nama menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Para personelnya merupakan pasukan khusus yang dimiliki TNI AU. Satuan tempur ini berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut dan darat.

Tugas mereka yakni merebut dan mempertahankan pangkalan dan menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan. 

Paskhas TNI AU. (foto: Okezone)

Paskhas TNI AU. (foto: Okezone)

2. Denjaka

Detasemen Jalamangkara (Denjaka) merupakan detasemen penanggulangan teror aspek laut yang berasal dari TNI Angkatan Laut. Tak banyak prajurit yang bisa lolos dalam pendidikan untuk menjadi Denjaka.

Dari ratusan prajurit yang ikut pendidikan, hanya sekira 50 orang terpilih. Mereka ini merupakan gabungan dari sejumlah pasukan khusus di antaranya Kopaska dan Taifib Marinir TNI AL.

Anggota Denjaka wajib memiliki IQ tinggi dan harus kuat menjalani latihan keras serta mengancam nyawa. Satu anggota Denjaka setara dengan 120 prajurit biasa.

Pasukan Denjaka. (Foto: iNews/Riezky)

Pasukan Denjaka. (Foto: iNews/Riezky)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut