get app
inews
Aa Read Next : Mudah dan Praktis, Pakai Aplikasi Vision+ untuk Nonton Indonesia vs Uzbekistan Malam ini

10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Apakah Ada Negara Indonesia?

Minggu, 27 November 2022 | 07:48 WIB
header img
Negara paling bahagia di dunia (Foto: cntraveler)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada beberapa negara yang dikenal paling bahagia di dunia. Ya, setiap tahun sejak 2012, Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB menerbitkan Laporan Kebahagiaan Dunia atau yang disebut dengan The World Happiness Report.

The World Happiness Report, merupakan publikasi yang memuat artikel dan peringkat kebahagiaan nasional, berdasarkan penilaian responden atas kehidupan mereka sendiri, di mana laporan tersebut juga berkorelasi dengan berbagai faktor (kualitas) kehidupan. Data ini mengacu pada survei global dari orang-orang di sekitar 150 negara. 

Dari data survei yang ada, evaluasi kehidupan rata-rata nasional dikategorikan dalam enam variabel kunci yaitu, PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan menentukan pilihan hidup, kemurahan hati, dan kebebasan dari korupsi. Namun sebenarnya, peringkat kebahagiaan ini tidak didasarkan pada indeks manapun dari keenam faktor di atas. Skornya justru didasarkan pada penilaian individu tentang kehidupan mereka.

Diketahui pada Maret 2022, Finlandia telah menduduki peringkat negara paling bahagia di dunia lima kali berturut-turut.

Apakah yang membuat Finlandia begitu bahagia? Penelitian menunjukkan, peringkat nasional yang tinggi dalam survei ini tidak banyak tentang budaya. Ini lebih tentang bagaimana institusi suatu negara menjaga rakyat, di mana hal ini mengarah pada peringkat kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Menurut pakar lain di Universitas Aalto yang berbasis di Helsinki, faktor lain yang berkontribusi terhadap kesuksesan negara kecil ini termasuk perencanaan kota yang cerdas, akses ke ruang hijau untuk mengurangi stres dan mendorong aktivitas fisik, sistem perpajakan progresif yang efektif, serta sistem perawatan kesehatan dan pendidikan yang kuat.

Penasaran di mana saja negara paling bahagia di dunia? Berikut  5 negara paling bahagia di dunia dirangkum pada Sabtu (26/11/2022).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut