get app
inews
Aa Read Next : KPU Resmi Tetapkan DPT Pemilu 2024 sebanyak 204 Juta di 38 Provinsi 128 Negara

4 Negara dengan Ujian SIM Termudah di Dunia

Rabu, 14 Juni 2023 | 19:16 WIB
header img
Ujian SIM di Indonesia terutama ujian berkendara tergolong sulit karena diharuskan melakukan beberapa manuver. (Foto:Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id- Ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) di berbagai negara di dunia berbeda satu sama lain. Hanya saja pada umumnya ujian yang dilakukan rata-rata hampir sama yakni ujian tertulis dan ujian mengemudikan kendaraan.

Terkadang kedua ujian itu sangat sulit. Ambil contoh saja ujian berkendara di Indonesia yang banyak dikeluhkan sangat sulit. Soalnya pemohon SIM diharuskan melakukan banyak manuver saat melakukan ujian berkendara.

Tak hanya di Indonesia, di Jepang dan Singapura bahkan lebih sulit lagi. Di kedua negara itu hanya orang yang benar-benar terampil berkendara bisa mendapatkan SIM.

Tapi jangan heran juga di beberapa negara malah memiliki SIM hanya melewati ujian yang sangat mudah dan cepat. Saking cepatnya waktu ujian berkendara yang harus ditempuh cuma menghabiskan waktu lima menit saja.

 

Berikut daftar negara yang memiliki sistem ujian SIM sangat mudah dan cepat.:

1. Meksiko

Meksiko sebenarnya tidak masuk dalam hitungan negara dengan ujian SIM berkendara termudah di dunia. Pasalnya negara yang bertetangga dengan Amerika Serikat itu hanya menggelar ujian SIM secara tertulis.

Sama sekali tidak ada ujian mengemudikan kendaraan bermotor. Begitu Anda selesai mengerjakan ujian tertulis dan mendapatkan nilai yang bagus maka Anda akan langsung mendapatkan SIM. Mudah bukan?

2. India

India merupakan negara dengan ujian SIM berkendara yang paling mudah dan unik. Pasalnya setelah selesai melakukan ujian tertulis, para pemohon SIM diharuskan melakukan ujian berkendara yang sangat mudah.

Mereka cuma diminta untuk menjalankan kendaraan ke depan dan belok kiri. Setelahnya selesai dan langsung dapat SIM. Namun Daily Mail menyebutkan jika pemohon mau membayar 1.000 Rupee atau sekitar Rp180.000-an maka tes ujian berkendara bisa tidak dilakukan dan langsung dapat SIM.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut