Sukses Bangun Kerajaan Properti, Pria Ini Dijuluki Raja Properti Berharta Miliaran Dolar AS

nadya kurnia
.
Senin, 28 November 2022 | 04:49 WIB
Pria Ini Raja Properti di Surabaya yang Berharta Miliaran Dolar AS. (Foto: MNC Media)

JAKARTA,iNrwsSerpong.id – Tangan dingin Alexander Tedja  seorang pengusaha properti dan mall di Indonesia sukses melambungkan nama Pakuwon Group.

Forbes bahkan menaksir jumlah kekayaannya mencapai USD1,2 miliar atau setara dengan Rp17,99 triliun. Ia sempat menduduki peringkat ke-27 orang terkaya di Indonesia pada 2020.

Kisah suksesnya dimulai ketika Alexander mulai terjun dalam dunia properti dengan mendirikan Pakuwon Jati, yang merupakan perusahaan pengembang real estate dan mal pada 1982. Mal ini dimulai ketika dia membeli sebidang tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya dan memulai proyek Plaza Tunjungan I.

Proyek ini berjalan dengan membangun Plaza Tunjungan II dan III, Sheraton Surabaya Hotel dan Tower, Menara Mandiri, Kondominium Regensi hingga Plaza Tunjungan IV.

Hingga pada 1994, dirinya mulai mengembangkan kawasan hunian di Surabaya yakni Pakuwon City.

Telah sukses dengan bisnis di Surabaya, ia memutuskan untuk berekspansi ke wilayah Ibukota. Dirinya memulai dengan mengakuisisi 83,3% saham PT Artisan Wahyu, Pengembang superblok Gandaria City, Jakarta.

Pakuwon Group juga membangun kota Kasablanka yang berada di daerah Rasuna Said, Kuningan yang termasuk Central Business District (CBD) Jakarta dan lahan multifungsi di atas lahan seluas 4,2 hektar di koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Pada 1989 perusahaan ini didirikan, Alexander didapuk jadi Presiden Direktur sampai tahun 1998. Sampai saat ini menjabat sebagai Presiden Komisaris di Pakuwon Jati.(*)

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini