get app
inews
Aa
Read Next : Bebas Biaya dan Berasrama, SCB Buka Penerimaan Siswa Baru Jenjang SMP

10 Istilah Penting yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Daftar Beasiswa

Senin, 28 November 2022 | 21:39 WIB
header img
Sejumlah istilah penting di beasiswa perlu dikenali calon mahasiswa untuk memperlancar proses pendaftaran. Foto/Getty Images.

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada sejumlah istilah-istilah penting dalam mendaftar beasiswa yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa . Dengan mengenali beragam istilah tersebut maka proses pendaftaran beasiswa pun akan semakin lancar.

Dengan mengenali istilah-istilah dalam dunia perbeasiswaan, kalian akan bisa memilih beasiswa mana yang pendanaanya bisa mencukupi semua biaya selama kuliah hingga lulus.

Selain itu, jika tidak mengenali istilah-istilah unik beasiswa maka dikhawatirkan juga kalian akan salah dalam mengirim dokumen yang dipersyaratkan dalam proses pendaftaran.

Oleh karena itu, bagi kalian yang masih amatir dalam dunia perbeasiswaan, berikut ini 10 istilah penting di beasiswa yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Full Scholarship/Fully Funded

Ini merupakan bentuk pendayaan yang meliputi seluruh komponen pendidikan. Seperti biaya perkuliahan, akomodasi, asuransi, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, tiket perjalanan pulang pergi, dan fasilitas lainnya yang disediakan penyedia beasiswa.

2. Partial Scholarship/Partial Funded

Berbeda dengan Full Scholarship, Partial Scholarship hanya menyediakan sebagian pendanaan bagi penerimanya. Misalnya saja hanya memberikan pembebasan biaya kuliahnya saja tanpa menanggung biaya-biaya lain seperti biaya perjalanan, akomodasi, dan biaya hidup.

3. Leter of Acceptance (LoA) Unconditional

LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan.

4. Leter of Acceptance (LoA) Conditional

Merupakan LoA bersyarat yang harus dipenuhi sebelum dapat memulai perkuliahan. Misalnya persyaratan kemampuan bahasa Inggris dengan menunjukkan sertifikat kemampuan berbahasa, jaminan pembiayaan, atau harus mengirimkan berkas dalam bentuk hardcopy.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut