get app
inews
Aa Read Next : Imbas Iran Serang Israel, 376 WNI Dalam Pantauan KBRI di Iran

16 Angka dalam NIK KTP, Ini Cara Membacanya   

Sabtu, 11 Desember 2021 | 15:15 WIB
header img
Cara baca serangkaian angka dalam NIK. (Foto : Dok iNews)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Seringkali menyebut atau menuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam berbagai kesempatan untuk urusan serius. Tetapi sudah pahamkah NIK yang berisi serangkaian 16 digit nomor unik dan penting di Kartu Tanda Penduduk (KTP)?

NIK terdiri dari kombinasi angka yang berbeda pada tiap pemiliknya, kombinasi angka ini bukan kombinasi acak, angka ini memiliki arti tertentu di dalamnya. Berikut contoh kode penyusunan NIK :

* 2 digit awal merupakan kode provinsi
* 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten
* 2 digit sesudahnya kode kecamatan
* 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40)
* 4 digit terakhir merupakan nomor urut orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan, dimulai dari  0001.

Beberapa waktu lalu beredar informasi mengenai cara mencari NIK berdasarkan nama secara online, untuk mengetahui sebuah NIK asli atau palsu. Informasi yang beredar bahwa cek NIK berdasarkan nama secara online dapat dilihat di website dukcapil.kemendagri.co.id dan beberapa aplikasi yang bisa diunduh.

Sayangnya, layanan tersebut sudah tidak berlaku. Sejak 2016, layanan itu telah ditutup guna mencegah penyalahgunaan identitas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi tidak ada website atau aplikasi yang bisa digunakan mencari NIK berdasarkan nama secara online. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut