get app
inews
Aa Read Next : RAKYAT BERSUARA : Orang Toxic Ancaman Serius bagi Stabilitas dan Kemajuan suatu Negara

Menko Luhut Siapkan Strategi Kembangkan Ekosistem Logistik Nasional di Masa Pandemi

Rabu, 15 Desember 2021 | 12:37 WIB
header img
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah telah menyiapkan empat strategi percepatan dalam memperbaiki ekosistem logistik nasional (NLE) yang efisien ditengah masa Pandemi Covid- 19.

 “Target pengembangan Ekosistem Logistik Nasional (NLE) pada dasarnya dibagi menjadi empat. Pertama, tata kelola, yaitu berfokus pada sistem teknologi informasi serta manajemen kinerja dan resikonya,” ujarnya dalam Program Economic Outlook IDX Channel, Rabu (15/12/2021).

Kedua, Menko Luhut akan menggandeng manajemen API, terkait dengan penguatan keamanan dan pengembangan Open API untuk pengembangan potensi dan inisiatif di bidang logistik.

 “Ketiga, memperkaya fitur dan layanan serta pemanfaatan data untuk keperluan analisis dan National Forecast Strategy. Serta yang terakhir, melakukan user education, uji pilot, dan partisipasi sektor swasta,” tambahnya

Hal-hal berkaitan dengan simplifikasi proses bisnis, kolaborasi platform logistik, layanan pembayaran yang menuju ke arah digital, serta penataan tata ruang pelabuhan melalui sinkronisasi jalur kereta api peti kemas telah diterapkan. “Selain 10 pelabuhan tersebut, implementasi NLE juga sedang disiapkan di pelabuhan lain yang secara sistem dan infrastruktur cukup siap sehingga konektivitas jaringan serta integrasi pelayanan secara lebih meluas dapat segera terwujud,” pungkasnya.(*)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut