get app
inews
Aa
Read Next : Awal Pekan,  IHSG Terkoreksi 0,01 Persen ke 6.879

Berdasarkan Berat, Prangko Langka Ini Menjadi Benda Termahal di Dunia Seharga 8,5 Juta Dolar AS

Senin, 02 Januari 2023 | 11:07 WIB
header img
Prangko langka ini benda termahal di dunia berdasarkan berat, harganya jutaan dolar AS. (Foto : YouTube Tom Scott)

GUYANA, iNewsSerpong.id - The British Guyana One-Cent Black on Magenta adalah sebuah prangko sebagai benda koleksi termahal di dunia berdasarkan berat atau nilai per gram. Prangko dengan berat hanya 40 miligram (mg) ini bernilai 8,5 juta dolar AS. 

Benarkah? Contoh berlian yang banyak dikoleksi orang kaya dengan bobot 0,2 karat setara 40 mg hanya dihargai sekitar 700 dolar AS. Tidak ada benda yang dapat dibandingkan dengan prangko langka yang diterbitkan pada 1856 ini dalam hal nilai per berat. 

Lalu, apa yang membuat prangko tersebut menjadi sangat mahal? Dikutip dari Oddity Central, itu karena The British Guyana One-Cent Black on Magenta merupakan prangko paling terkenal dan didambakan oleh kolektor di seluruh dunia lantaran hanya ada satu dari jenis.

Bukan Prangko Asli

Bandingkan sebagian besar prangko yang dapat dikoleksi memiliki banyak salinan yang beredar. Namun sebenarnya, The British Guiana One-Cent Black on Magenta bukan prangko asli.

Pada 1856, sebuah kantor berita lokal di Guyana, Inggris mencetak sejumlah lembar kertas yang dihiasi dengan gambar kapal bertiang tiga dan moto koloni, 'We give and expect in return,' untuk sementara menggantikan sekumpulan prangko kantor pos yang dianggap palsu.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut