get app
inews
Aa Read Next : Tangkap Putra El Chapo, Meksiko Terjunkan Lebih dari 3.000 Tentara

Kartel Narkoba El Chapo Dihukum Seumur Hidup, Anaknya El Raton Jadi Incaran Amerika dan Meksiko

Sabtu, 07 Januari 2023 | 10:31 WIB
header img
Gembong narkoba El Chapo atau bernama asli Joaquin Guzman ditangkap pada 22 Februari 2014. Foto: SINDOnews

CULIACAN, iNewsSerpong.id - Ovidio Guzman alias El Raton (Si Tikus) anak gembong narkoba El Chapo atau bernama asli Joaquin Guzman ditangkap otoritas keamanan Meksiko. Penangkapan El Raton bukan hal yang mudah

Sementara El Chapo ditangkap pada 22 Februari 2014 dan menjalani hukuman seumur hidup di Amerika Serikat. 

Sementara untuk menangkap anak El Chapo yakni El Raton, Amerika Serikat telah mengeluarkan hadiah hingga USD5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan El Raton. Amerika menuduhnya sebagai pemain kunci dalam kartel Sinaloa yang didirikan oleh ayahnya. 

Ovidio Guzman alias El Raton (Si Tikus) Foto: ABC,SINDOnews

Penangkapan itu terjadi ketika Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador bersiap untuk menyambut rekannya dari AS Joe Biden untuk pertemuan puncak para pemimpin Amerika Utara minggu depan di mana keamanan diharapkan menjadi agenda utama. 

"Penahanan pengedar narkoba itu bukan prestasi yang tidak signifikan oleh otoritas Meksiko," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby, seperti dikutip Reuters, Sabtu (7/1/2023). 

“Dan kami tentu berterima kasih untuk itu,” katanya, seraya menambahkan bahwa Amerika Serikat akan terus bekerja “sejajar” dengan Meksiko, terutama untuk mengatasi perdagangan fentanyl opioid sintetik yang kuat. 

Meksiko membantah keterlibatan Amerika Serikat dalam operasi penangkapan El Raton. “Kami bertindak secara mandiri, mandiri. Ya ada kerja sama dan akan terus ada, tapi kami membuat keputusan sebagai pemerintah yang berdaulat,” kata Lopez Obrador kepada wartawan.

El Raton mendapatkan perintah pengadilan yang memblokir ekstradisi langsungnya ke Amerika Serikat. Bagaimanapun, pemerintah Meksiko mengesampingkan ekstradisi jalur cepat, dengan mengatakan proses hukum yang tepat akan diikuti. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut