get app
inews
Aa Read Next : Segini Harganya, Mobil Listrik Mercedes EQE 350 4MATIC AMG Mengaspal di Indonesia

Suzuki Rilis eVX, Mobil Listrik Konsep SUV 5 Seater, Indonesia Kapan Kebagian

Kamis, 12 Januari 2023 | 05:10 WIB
header img
Mobil konsep yang diperkenalkan Maruti Suzuki eVX akan diperhalus dalam versi produksi massal. (Foto: Gaadiwaadi)

NEW DELHI, iNewsSerpong.id – Produsen otomotif Suzuki mengenalkan konsep mobil listrik sport utility vehicle (SUV) yang dijuluki eVX secara global. Ini menjadi gambaran SUV 5-seater Suzuki yang akan diluncurkan pada 2025.

Dikutip dari Gaadiwaadi, Rabu (11/1/2023), mobil listrik konsep Suzuki diperkenalkan dalam pameran Auto Expo 2023 yang diselenggarakan di India. Mobil tersebut masuk dalam segmen SUV dengan konfigurasi lima kursi.

Mobil konsep yang diperkenalkan Maruti Suzuki eVX akan diperhalus dalam versi produksi massal. Nantinya, mobil ini juga akan berbagi platform dan basis mobil listrik dengan Toyota.

Konsep mobil listrik ini menawarkan filosofi gaya futuristik, layaknya kendaraan masa depan. Itu diperlihatkan pada garis bodi tajam, roda, lekukan atap, kaca depan, dan bagian belakang yang menukik, membuat tampilannya lebih modern.

Dalam presentasinya, MSIL juga menegaskan kembali komitmennya untuk berinvestasi sebesar 10 miliar rupee (Rp18,9 triliun) untuk pembuatan EV dan batera. Investasi ini telah dimulai dan diharapkan mobil listrik pertama dari Suzuki akan hadir pada 2025.

Mengenai dimensinya, mobil konsep ini berukuran panjang 4,3 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,6 meter dan didasarkan pada arsitektur EV khusus. Ini menggunakan baterai 60 kWh, yang mampu menempuh jarak hingga 550 km dengan sekali pengisian daya.

eVX mengadopsi konsep ‘Emotional Versatile Cruiser’ dengan postur tegak, kap horizontal, wheelbase panjang, roda besar, ground clearance tinggi dan elemen lampu LED khas dengan interior yang luas.

Lekukan bodinya juga dirancang khusus untuk menghasilkan efisiensi aerodinamis tingkat tinggi dengan menurunkan koefisien hambatan. Konsep SUV elektrik ukuran sedang ini dirancang dan dikembangkan oleh Suzuki Motor Corporation, Jepang.

Berbicara tentang debut mobil listrik konsep ini di dunia, kata Toshihiro Suzuki, Direktur Perwakilan dan Presiden Suzuki Motor Corporation mengatakan bahwa langkah ini dilakukan untuk mengatasi pemanasan global.

“Saya senang memperkenalkan Concept eVX, EV strategis global pertama kami. Kami berencana untuk memasarkannya pada 2025. Di Suzuki Group, mengatasi pemanasan global adalah prioritas,” kata Suzuki dikutip dari Gaadiwaadi.

“Kami mempromosikan serangkaian tindakan global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari bisnis kami. Salah satu ukuran utama adalah mengurangi emisi CO2 dengan menggunakan produk kami. Di sini, di India, seperti yang diumumkan pada Maret tahun lalu, kami akan menginvestasikan 100 miliar rupee untuk produksi BEV dan baterainya.”

Kabarnya, model produk massal akan diluncurkan dari pabrik Suzuki yang berada di Gujarat, India.(*?

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut