Logo Network
Network

Kisah CEO Softbank Masayoshi Son, Imigran Korea Jadi Orang Terkaya 39 Dunia Berharta USD26,6 Miliar

Nadya Kurnia
.
Senin, 16 Januari 2023 | 10:42 WIB
Kisah CEO Softbank Masayoshi Son, Imigran Korea Jadi Orang Terkaya 39 Dunia Berharta USD26,6 Miliar
Kisah CEO Softbank: Tempa Diri Jadi Pengusaha, Kumpulkan 2.500 Ide Bisnis. (Foto: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Masayoshi Son, CEO Softbank, lahir di Jepang pada 11 Agustus 1957, ia juga merupakan keturunan Korea yang lahir di Jepang. Ia terlahir dari keluarga Imigran Korea yang miskin, dan pindah ke Jepang untuk menjadi penambang batu bara. 

Sementara sang Ayah bekerja sebagai penjual ikan dan mengurus peternakan babi. Ia juga tetap mempertahankan nama keluarga Korea yaitu ‘Son’ daripada ‘Yasumoto’ nama keluarga Jepang yang dipakai orangtuanya dan kakeknya. 

Sebab keputusan ini, ia kerap mendapat diskriminasi oleh teman-temannya, karena masa itu hubungan Korea dan Jepang sedang tidak baik.

Meski terlahir dari keluarga miskin, hal tersebut tidak membuat Masayoshi menyerah, justru hal ini dijadikan motivasi guna ia meraih kesuksesan. Kemudian saat usianya 16 tahun, ia nekat menemui Den Fujita seorang pengusaha asal Jepang pendiri McDonald’s Jepang. Ia sangat terinspirasi dengan buku yang ditulis Fujita.

Meski awalnya ia ditolak, namun akhirnya ia diizinkan untuk menemui Fujita. Selama 15 menit Fujita dan Masayoshi mengobrol membicarakan terkait kunci sukses dan berbagi nasihat untuk dirinya.

Fujita juga menyarankan Masayoshi untuk belajar Bahasa Inggris dan mengenai informatika. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk merantau ke Amerika Serikat (AS).

Ia tinggal di California dan melanjutkan sekolah SMA di Serramonte High School. Kemudian setelah dua tahun ia masuk kuliah di University of California, Berkeley jurusan Ekonomi dan Ilmu Komputer.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini