Logo Network
Network

Apa Saja yang Pantang Dilakukan saat Imlek? Setidaknya Ada 10 Hal

Nurul Amanah
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 07:46 WIB
Apa Saja yang Pantang Dilakukan saat Imlek? Setidaknya Ada 10 Hal
Sejumlah hal yang pantang dilakukan saat Imlek 2023, dan apabila dilanggar diyakini akan memberikan dampak yang tidak baik. (Foto/ Ilustrasi : Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Masyarakat etnis Tionghoa tengah bersuka cita menyambut perayaan Imlek atau Tahun Baru China. Sejumlah hal pantang dilakukan pada hari yang dirayakan itu.

Bahkan, beberapa di antaranya tak boleh dilakukan hingga 2 minggu setelahnya atau akhir dari perayaan yang dikenal dengan sebutan Cap Go Meh.

Awal Tahun Pengaruhi Keberuntungan

Apabila pantangan dilakukan, banyak hal buruk yang mungkin terjadi di masa mendatang. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa di awal tahun baru, apa yang dilakukan akan memengaruhi keberuntungan hingga setahun mendatang.

Berikut 10 pantangan yang tak boleh dilakukan saat perayaan Imlek, seperti dirangkum dari laman Travel China Guide.

1. Dilarang Membunuh Apapun

Pembunuhan di sini dimaksudkan ketika orang mungkin ingin menyembelih hewan. Hal ini harus dihindari dari tanggal 1 hingga 15 Tahun Baru Imlek.

Darah dianggap sebagai pertanda buruk, yang akan menyebabkan kemalangan seperti luka pisau, atau bencana berdarah. Orang biasanya menyembelih ayam, bebek, babi, dan ikan sebelum Tahun Baru Imlek atau pada malam Tahun Baru Imlek.

2. Tidak Boleh Minum Obat

Pantang bagi seseorang untuk menyeduh jamu atau minum obat pada hari pertama tahun baru. Jika melakukannya, bukannya sembuh, seseorang itu justru diyakini akan sakit selama setahun penuh.

Di beberapa tempat, saat malam pergantian tahun, orang yang sakit memecahkan gallipot (pot obat) mereka dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan mengusir penyakit di tahun mendatang.

3. Jangan Menyapu atau Membuang Sampah

Tindakan menyapu pada Tahun Baru Imlek dikaitkan dengan menyapu kekayaan, di mana semua tabungan dan barang berharga akan raib. Jika benar-benar diperlukan, pemilik rumah harus mulai menyapu dari luar ke dalam rumah, yang artinya mengumpulkan uang.

Sementara, membuang sampah melambangkan membuang keberuntungan atau nasib baik dari rumah. Selain itu, menuangkan air ke luar juga harus dihindari, karena air yang mengalir menandakan pergerakan uang diibaratkan uang meninggalkan rumah.

4. Hindari Keramas dan Potong Rambut

Rambut tidak boleh dicuci pada hari Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa Mandarin, rambut (, fa) memiliki pelafalan (dan karakter yang sama) dengan fa dalam facai (), yang berarti 'menjadi kaya'.

Karena, dianggap tidak baik untuk 'membasuh kekayaan' di awal tahun baru. Sementara, memotong rambut diyakini akan membawa kesialan bahkan menandakan kematian paman mereka (saudara ibu).

Meski terdengar tak masuk akal, masyarakat masih mempercayai tradisi ini.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini