get app
inews
Aa Read Next : 5 Kesalahan Mencuci Pakaian yang Harus Dihindari

Apa Saja yang Pantang Dilakukan saat Imlek? Setidaknya Ada 10 Hal

Minggu, 22 Januari 2023 | 07:46 WIB
header img
Sejumlah hal yang pantang dilakukan saat Imlek 2023, dan apabila dilanggar diyakini akan memberikan dampak yang tidak baik. (Foto/ Ilustrasi : Freepik)

5. Tidak Boleh Makan Bubur

Bubur mungkin menjadi salah satu menu favorit untuk sarapan, tapi tidak berlaku saat Tahun Baru Imlek. Bubur tidak boleh dimakan, karena dianggap hanya orang miskin yang makan bubur untuk sarapan.

Tidak boleh memulai tahun dengan 'miskin', karena ini pertanda buruk. Orang biasanya makan pangsit sebagai makanan pertama di tahun baru.

6. Wanita Dilarang Menjahit

Dilarang menjahit apa pun bahkan memasang kancing, dari hari pertama hingga kelima di tahun baru. Jika dilakukan, tahun yang akan datang akan menjadi 'tahun yang sulit' (dengan banyak jahitan).

7. Anak Perempuan yang Sudah Menikah Tidak Boleh Mengunjungi Rumah Orang Tuanya

Jika seorang wanita menikah dan tinggal terpisah dengan orang tua suaminya, dia tidak boleh mengunjungi orang tuanya sendiri pada hari pertama tahun baru.

Anak perempuan dipandang sebagai orang luar setelah mereka menikah. Ketika anak perempuan yang sudah menikah mengunjungi rumah orang tuanya pada hari Tahun Baru Imlek, maka diyakini akan membawa kesialan bagi orang tuanya, menyebabkan kesulitan ekonomi bagi keluarga.

Menurut tradisi, seorang anak perempuan yang sudah menikah mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek.

8. Tidak Memecahkan Beberapa Barang

Jangan memecahkan mangkuk, piring, gelas, vas, atau cermin selama Tahun Baru Imlek karena dianggap sebagai pembawa nasib buruk, kehilangan uang, atau kehancuran keluarga.

Jika ada yang pecah secara tidak sengaja, orang biasanya menggunakan kertas merah untuk membungkus pecahannya, lalu mengucapkan "Sui sui ping'an" yang artinya selamat dan sehat sepanjang tahun.

Dalam bahasa Mandarin, (sui, artinya rusak) dan (sui, artinya tahun) terdengar sama.

9. Mencuci Pakaian

Dua hari pertama Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari lahir Dewa Air. Jadi, jika Anda mencuci pakaian selama dua hari ini, dewa akan tersinggung.

10. Tidak Boleh Meminjamkan Uang

Jangan meminjamkan atau meminjam apapun pada hari pertama tahun baru, apalagi uang.

Meminjamkan uang adalah pertanda sial. Menagih utang juga merupakan pantangan di Tahun Baru Imlek. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 22 Januari 2023 - 00:43 WIB oleh Nurul Amanah dengan judul "10 Hal yang Pantang Dilakukan saat Imlek 2023, Apa Saja?".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut