get app
inews
Aa Read Next : KISAH SUKSES: Berkat AI, Charles Liang Masuk Jajaran Orang Terkaya di Dunia, Hartanya Tembus Rp98 T

7 Bos Bisnis Properti di Indonesia Masuk Daftar Orang Terkaya RI Versi Majalah Forbes

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:21 WIB
header img
7 konglomerat pemilik bisnis properti masuk daftar orang terkaya RI. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sejumlah pemilik bisnis properti di Indonesia memiliki aset triliunan. Aset besar itu mengantarkan dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun lalu. 

Bisnis properti memang menjadi salah satu bisnis dengan pendapatan yang fantastis. Namun, selain fokus di bisnis properti, mereka juga memiliki bisnis lain yang menjadi sumber kekayaan lain para konglomerat tersebut.

Berikut 7 konglomerat pemilik bisnis properti di Indonesia :

1. Keluarga Eka Widjaja

Keluarga Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas Grup. Salah satu pilar bisnis Sinar Mas adalah pengembang dan real estate. Selain itu, Sinar Mas juga menjalani enam pilar bisnis lainnya yakni, pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, telekomunikasi, energi dan infrastruktur, serta layanan kesehatan.

Adapun, lini bisnis properti Sinar Mas lebih dikenal dengan Sinar Mas Land, yang merupakan pengembang properti terbesar dengan diversifikasi proyek paling beragam di Indonesia.

Memiliki sejumlah proyek pengembangan kota, township, permukiman, komersial, kawasan ritel, kawasan industri, dan properti perhotelan, termasuk jasa terkait properti. 

Sinar Mas Land dibangun oleh dua perusahaan properti terkemuka yang sudah melantai di bursa, yakni PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI).

Adapun dalam daftar Forbes 2022 lalu, keluarga  Widjaja berada di peringkat ketiga orang terkaya RI. Adapun kekayaannya pada Desember 2022 tercatat sebesar 10,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp162,8 triliun.

2. Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir merupakan pendiri dan pemilik Grup Mayapada, sebuah perusahaan konglomerasi yang bergerak di bidang perbankan, perawatan kesehatan, dan properti. Keluarganya memiliki saham di Maha Properti Indonesia.

Dia juga memiliki properti di Singapura, termasuk melalui perusahaan terdaftar MYP.  Adapun Mayapada Group memiliki lebih dari 4 gedung perkantoran di Central Business District (CBD) Jakarta dan banyak lagi di Indonesia, di antaranya Mayapada Tower 1, Mayapada Tower 2, dan Sena Topas Tower.

Di Singapura, Mayapada memiliki 2 gedung perkantoran terletak di CBD Singapura. Kelompok ini juga mengembangkan kota dan apartemen selain menara perkantoran di Indonesia. 

Dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022, Tahir berada di peringkat 9. Adapun kekayaannya pada 20 Januari 2023 tercatat sebesar 4,3 miliar dolar AS atau Rp64,8 triliun.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut