get app
inews
Aa Read Next : KISAH SUKSES: Berkat AI, Charles Liang Masuk Jajaran Orang Terkaya di Dunia, Hartanya Tembus Rp98 T

7 Bos Bisnis Properti di Indonesia Masuk Daftar Orang Terkaya RI Versi Majalah Forbes

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:21 WIB
header img
7 konglomerat pemilik bisnis properti masuk daftar orang terkaya RI. (Foto : Ist)

3. Mochtar Riady

Mochtar Riady merupakan pendiri PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) atau Lippo Group. Lippo Karawaci merupakan salah satu grup real estate terbesar di Indonesia, yang menciptakan kota mandiri berkelanjutan.

Lini properti Lippo Group lainnya, yakni Lippo Malls juga merupakan pemilik dan operator mal terbesar di Indonesia, dengan portofolio lebih dari 60 pusat perbelanjaan yang berlokasi strategis di 29 kota besar di seluruh Indonesia.

Melalui penggabungan delapan perusahaan properti terkait pada 2004, perseroan telah memperluas portofolio bisnisnya untuk mencakup pembangunan perkotaan, skala perkembangan besar yang terintegrasi, mal ritel, kesehatan, hotel dan rekreasi, serta portofolio fee based income.

Sementara putranya, Stephen juga menjalankan perusahaan properti Singapura. Melalui gurita bisnis propertinya ini, dia masuk dalam daftar orang terkaya Forbes tahun lalu di peringkat 29. Adapun kekayannya per 20 Januari 2023 senilai 1,4 miliar dolar AS atau Rp21,1 triliun. 

4. Keluarga Ciputra

Keluarga Ciputra masuk dalam deretan raja properti di Indonesia melalui PT Ciputra Development Tbk (CTRA) atau Ciputra Group. Ciputra yang telah meninggal pada 2019 di usia 88 tahun merupakan tokoh properti Indonesia yang mendirikan REI dan membidani lahirnya sejumlah korporasi besar, antara lain Grup Jaya dan Grup Metropolitan.

Ciputra Group yang memiliki bisnis utama sebagai pengembang properti skala besar telah berhasil berekspansi ke berbagai sektor usaha mulai dari gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, fasilitas rekreasi, pendidikan, kesehatan, asuransi, agrikultur, pusat kesenian, dan broker properti.

Ciputra Development miliknya adalah salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan proyek di 33 kota. Keluarga Ciputra masuk dalam daftar 50 orang Terkaya di Indonesia versi majalan Forbes tahun lalu di peringkat 33, dengan kekayaan saat itu sebesar 1,25 miliar dolar AS atau Rp18,8 triliun.

5. Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo adalah pengusaha yang bergerak di bidang media hingga properti. Dia menjalankan bisnis properti melalui PT MNC Land Tbk, yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan resor dan hotel.

MNC Land berkembang menjadi salah satu perusahaan Entertainment Hospitality terbesar di Indonesia. MNC Land terus berkembang dan fokus pada beberapa proyek unggulan, seperti KEK MNC Lido City, MNC Bali Resort, dan proyek-proyek bergengsi lainnya.

Di bidang hospitality, MNC Land menghadirkan Park Hyatt Jakarta, The Westin Resort Nusa Dua & Bali International Convention Center, Oakwood Hotel & One East Residence Surabaya, serta berbagai gedung perkantoran di Jakarta, Surabaya, dan Bali, serta coworking space.

Dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun lalu, Hary Tanoesoedibjo berada di peringkat 39. Adapun kekayaannya per 20 Januari 2023 sebesar 1 miliar dolar AS atau Rp15,1 triliun. 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut