get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Tabung Gas Disita, Praktik Pengoplosan Elpiji Subsidi di Tangsel Dibongkar

4 Cara Mengetahui Penyebab Kompor Gas Tidak Menyala, No 2 Knop Bermasalah

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:31 WIB
header img
Ilustrasi kompor gas. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - 4 Cara Mengetahui Penyebab Kompor Gas Tidak Menyala. Ketika sedang terburu-buru memasak, tiba-tiba kompor gas tidak menyala. Tentu saja kondisi tersebut membuat jengkel.

Tenang........jangan panik. Cukup mengetahui penyebab kenapa kompor gas tidak menyala, maka masalah akan segera teratasi. 

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kompor gas tidak menyala dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ada Aliran yang Tersumbat

Gas di dalam tabung masih banyak, tapi kok kompor tetap gak mau menyala? Coba cek faktor penyebab lainnya ada pada saluran yang menghubungkan tabung gas dengan kompor tersebut. Bisa jadi ada aliran gas dari tabung elpiji yang tersumbat sehingga gas tidak dapat dialirkan ke kompor.

Penyebab aliran tersumbat bisa terjadi karena ada bagian regulator atau selang kompor yang bermasalah dan rusak. Solusinya, Kamu bisa mengganti karet yang tepat dan rapat pada regulator agar bisa berfungsi dengan baik.

Karet yang tidak tepat dan tidak rapat dapat menyebabkan kebocoran gas sehingga tidak bisa masuk selang dan terhambat alirannya saat menuju kompor. Sementara itu, jika selang kompor tidak bermasalah namun masih terhambat, coba ketuk-ketuk agar aliran di dalamnya lancar.

2.Knop Bermasalah

Gas di rumah bisa jadi tidak menyala dikarenakan ada bagian knop kompor gas yang bermasalah. Sehingga, kompor yang awalnya ada api menyala tiba-tiba menjadi mati seketika. Spuyer yang terdapat pada knop kompor memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya aliran gas.

Spuyer yang kotor bisa menyebabkan aliran gas menjadi tidak lancar sehingga api tidak menyala atau tiba-tiba mati setelah nyala sesaat. Solusinya, Kamu harus membuka bagian knop menggunakan tang atau kunci lalu bersihkan bagian pemutar dan spuyer hingga bersih. Setelah itu, pasang kembali.

3.Pemantik Kompor Tidak Mengeluarkan Api

Kerusakan pada bagian pemantik kompor bisa menyebabkan api tidak menyala. Faktor yang menyebabkan pemantik kompor rusak bisa karena adanya kotoran yang menyumbat ujung pemantik. Alhasil, pemantik tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik untuk menyalakan api.

Letakkan kabel pemantik pada posisi yang tepat, lalu bersihkan ujung pemantiknya dari kotoran yang ada sampai bersih. Namun, jika Kamu mendapati pemantik dalam kondisi aus, maka harus segera diganti dengan pemantik yang baru agar api tetap bisa menyala di kompor gas.

Memahami bagian-bagian kompor memang penting untuk dipelajari karena bisa saja kejadian kompor tidak menyala terjadi dalam keseharian Kamu. Cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyaladi atas bisa diikuti sesuai dengan kondisi yang terjadi pada kompor gas di rumah.

4. Gas di Tabung Elpiji Habis

Gas merupakan sumber utama yang bisa membuat kompor menyala. Jika gas di tabung elpiji yang dipasangkan pada gas sudah habis, otomatis kompor tidak akan menyala karena tidak ada sumber bahan bakar yang membuat api menyala. Oleh karena itu, penting untuk mengecek gas elpiji secara berkala.

Tkamu yang biasanya bisa diamati saat gas di tabung sudah habis adalah keluar bau menyengat di dapur. Kamu juga bisa mengeceknya melalui knop kompor gas dan dengarkan dari dekat apakah ada bunyi desis. Jika tidak ada bunyi desis, maka bisa dipastikan gas habis. Solusinya, harus beli gas baru.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut