Logo Network
Network

Pembangunan IKN Terus Dikebut, Realisasi Capai 14 Persen

Iqbal Dwi Purnama
.
Sabtu, 28 Januari 2023 | 05:46 WIB
Pembangunan IKN Terus Dikebut, Realisasi Capai 14 Persen
PUPR: Pembangunan IKN Sudah Capai 14 Persen (FOTO: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id  - Pembangunan Ibu Kota Nusantara terus dikebut pengerjaannya. Kementerian Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan progres pembangunan per Januari 2023 capai 14 persen.

Menteri PUPR,  Basuki Hadimuljono mendorong peran aktif dan kontribusi dari para Profesor dan pakar/akademisi dari seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dalam memberikan ide-ide untuk bersama-sama membahas isu strategis kebijakan dan penyelenggaraan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Saya juga arahkan kegiatan ilmiah diadakan di kampus untuk mengajak generasi muda dan mahasiswa mengenal organisasi profesi dan pembangunan infrastruktur di Indonesia," ujar Menteri Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (27/1/2023).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan saat ini progres pembangunan IKN sudah meliputi land development, jalan logistik, dan hunian pekerja konstruksi.

"Progres secara keseluruhan termasuk land development , jalan logistik, jalan tol, hunian, dan kantor," sambung Danis.

Seperti diketahui, Pemerintah tengah mengebut pembangunan IKN agar setidaknya pada tahun 2024 mendatang sudah bisa digunakan untuk melaksanakan upacara bendera 17 Agustus.

Danis menjelaskan pada pembangunan tahap awal difokuskan terlebih dahulu untuk memindahkan pusat pemerintahan dan pembantu-pembantu pemerintah. Maka yang disediakan setidaknya infrastruktur dasar.

"Intinya basic Infrastruktur, kami memastikan ketersediaan air, jalan, sanitasi, sampah, istana presiden, kantor pemerintahan dengan segala dukunganya, rumah susun untuk tempat tinggal," kata Danis pada acara konferensi pers Rapimnas PII di kantornya, beberapa hari lalu.

"Pada tahun 2024 juga memulai inisiasi sektor industri yang mau Invetasi, kita harapkan nanti 2025 infrastruktur lengkap, kota semakin besar, mulai masuk ke industri," tutup Danis. (*)

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini