get app
inews
Aa Read Next : 4 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah karena Dehidrasi yang Disebabkan Cuaca Panas Menyengat

5 Obat Alami Atasi Gatal dan Bentol Dikulit Akibat Digigit Nyamuk, Iris Bawang dan Oleskan

Senin, 06 Februari 2023 | 06:08 WIB
header img
Obat rumahan untuk usir gatal dan bentol  karena gigitan nyamuk. (Foto: Freepik)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Gigitan nyamuk yang terlihat sepele tapi nyatanya sangat menganggu dan menyebalkan. Celakanya, berkembang menjadi bentol kemerahan, bisa berbekas dan meninggalkan luka jika terus digaruk.

Meski gigitannya seringkali tidak berbahaya tapi bisa menyebabkan komplikasi. Sebab nyamuk sendiri bisa membawa penyakit, meskipun kemungkinan terinfeksi oleh nyamuk sangat bergantung pada tempat tinggal kita masing-masing. 

Jangan Digaruk Terus

Saat terasa gatal, sebaiknya jangan digaruk terus menerus. Tapi hilangkan rasa gatalnya dengan beberapa obat. Berikut sejumlah obat alami, sebagaimana dirangkul Healthline yang sudah ditinjau secara medis oleh Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., bisa digunakan.

1. Es batu

Suhu dingin dari es buta mengurangi peradangan. Dingin juga membuat kulit mati rasa, yang bisa memberikan efek menenangkan pada kulit yang gatal walau sebentar.

Caranya, hancurkan es batu lalu bungkus dengan kain lalu kompres es selama 5 hingga 10 menit di kulit yang gatal untuk meredakannya selama beberapa kali dalam sehari. Ingat! Jangan taruh es langsung di kulit karena bisa menyebabkan kerusakan kulit.

2. Oatmeal

Biji-bijian sehat ini bukan hanya baik dimakan tapi juga bisa jadi obat alami saat digigit nyamuk. Oatmeal bisa meredakan gatal dan bengkak karena mengandung senyawa khusus dengan kualitas anti iritasi.

Caranya, buat pasta oatmeal dengan mencampurkan oatmeal dan air dalam rasio yang sama. Lalu sendokkan sedikit pasta ke kain waslap bersih dan tahan dengan sisi pasta menghadap ke bawah, oleskan ke kulit yang teriritasi selama sekitar 10 menit lalu bersihkan area kulit yang gatal hingga bersih.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut