get app
inews
Aa Read Next : Motor 2.000 cc 8 Silinder dari GWM China Segera Perkenalkan  

Rencana Subsidi Pembelian Mobil Listrik akan Berubah Jadi Penyesuaian Pajak, Bukan Potongan Harga

Minggu, 26 Februari 2023 | 22:20 WIB
header img
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, saat mengunjungi IIMS 2023. Hasil diskusi antar Kementerian/Lembaga dan produsen otomotif di Indonesia, insentif yang diberikan bukan berupa potongan harga. (Foto : iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Pemerintah masih menggodok wacana pemberian insentif untuk kendaraan listrik. Kabar terakhir, wacana subsidi diubah menjadi penyesuaian pajak. Benarkah?

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan hasil dari diskusi antar Kementerian/Lembaga dan produsen otomotif di Indonesia didapatkan insentif yang diberikan bukan berupa potongan harga.

Moeldoko menyampaikan skenario tersebut menjadi yang sangat memungkinkan dan adil bagi semua pihak. Mengingat saat ini yang bisa membeli mobil listrik hanya kalangan kelas atas.

Bukan Potongan Rp80 Juta

“Bukan potongan Rp80 juta, tapi penyesuaian besaran di pajaknya ya. Pemerintah perlu segera memberikan insentif kepada pembeli kendaraan listrik ini,” kata Moeldoko di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2023).

Mempercepat keputusan pemberian insentif menutur Moeldoko sangat diperlukan agar bisa bersaing dengan negara tetangga.

Apabila tidak dilakukan dalam waktu dekat, maka Indonesia hanya akan menjadi pengguna bukan ikut dalam persaingan pasar.

“Referensinya mana? Kita punya referensi di Vietman, bagaimana yang di Thailand. Kalau kita tidak adjustment dengan lingkungan itu maka kita nanti akan menjadi market bagi mereka. Untuk itu, Indonesia juga harus segera menyesuaikan, dengan memberikan insentif,” ujarnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut