get app
inews
Aa Read Next : Menteri PPPA dukung Raihana Zahra ikuti Miss Teen Global 2024

Indonesia Masuk 5 Negara dengan Penduduk Terpendek di Dunia

Rabu, 08 Maret 2023 | 14:50 WIB
header img
Negara dengan penduduk terpendek di dunia, Nepal (Foto: Basecamp Adventure)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada sejumlah negara dengan penduduk terpendek di dunia. Tinggi badan seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Hormon dan asupan nutrisi dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi badan manusia. 

Selain itu, genetika dan faktor lingkungan juga turut memainkan peran dalam pertumbuhan. Tidak heran jika setiap negara mempunyai angka rata-rata tinggi badan yang berbeda.

World Population Review telah membagikan rata-rata tinggi badan di setiap negara yang mewakili populasi nasional dari kedua jenis kelamin. Berikut lima negara dengan penduduk terpendek di dunia.

1. Nepal

Negara dengan penduduk terpendek pertama berada di kawasan benua Asia, yaitu Nepal. Rata-rata tinggi badan penduduk Nepal yaitu 162,99 cm.

2. Bolivia

Negara di kawasan Amerika Selatan ini dikenal sebagai negara dengan penduduk terpendek di dunia nomor dua. Dengan penduduk belasan juta jiwa ini, rata-rata tinggi badan mencapai 159.7 cm.

3. Indonesia 

Penduduk paling pendek versi World Population Review selanjutnya adalah Indonesia. Penduduk Indonesia mempunyai rata-rata tinggi 62,2 inci atau setara dengan 157,98 cm. Pria Indonesia rata-rata mempunyai tinggi badan 166,26. Berbeda jauh dengan wanita Indonesia yang rata-rata mempunyai tingi 154,36.

4. Filipina 

Masih satu rumpun dengan Indonesia, Filipina menempati posisi ketiga untuk peringkat negara dengan penduduk terpendek. Penduduk dari negara yang dijuluki Mutiara Laut Orien ini rata-rata setinggi 63,7 inci atau 161,79 cm. 

Walaupun rata-rata tinggi penduduk Filipina di atas Indonesia, tinggi rata-rata prianya berada di bawah Indonesia, begitu juga dengan tinggi wanita Filipina. Kebanyakan pria Filipina mempunyai tinggi 165,23 cm, sedangkan untuk wanita setinggi 154,14. Perbedaan yang sangat tipis jika dibandingkan dengan Indonesia.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut